h1

Syarat Liga Super dan Nama Baru Klub

Oktober 10, 2007

Salah satu syarat Liga Super yang dirilis BLI adalah aspek legal klub peserta, yang harus memiliki status badan hukum yang jelas. Syarat ini mestinya bisa menjadi momentum bagi klub anggota Liga Indonesia untuk melakukan perubahan nama yang sebenarnya sudah lama menjadi wacana, tapi entah mengapa tak pernah menjadi perhatian pengurus PSSI maupun klub.

Nama baru klub yang tanpa meninggalkan nilai historisnya bisa jadi akan menghasilkan nama-nama yang fresh, seperti : Medan United, Jakarta Central FC, Tangerang La Viola, Maung Bandung, Sleman Sembada Putra, Laskar Jepara, Surabaya Green Force, Makassar Juku Eja, Wamena Highlanders, dan Jayapura Stars FC. Yang jelas, dengan nama-nama baru maka klasemen Liga Super pun akan terlihat jauh lebih menarik nantinya.

Bicara masalah syarat yang lain, jika BLI belum mengaturnya, saya kembali mengusulkan supaya pemain asing di Liga Super dibatasi tiga orang saja, tentunya dengan quality control yang ketat. Dan satu hal lagi, mungkin perlu diatur pula masalah salary cap untuk pemain, karena hal itulah yang selama ini menjadi beban klub yang paling besar. Semoga sepakbola Indonesia makin maju di masa depan.

Iklan

3 komentar

  1. hei loushevaon7…..nice blog!


  2. Balik kayak nama-nama Galatama dong…??
    Makassar Utama
    Medan Jaya
    Putra Mahakam

    Kurang setuju, ahh…soalnya nama kayak PSMS, Persib, Persebaya itu udah nama sakral…mengundang magnet penonton. Ini bukan soal sepakbola saja, tapi udah menyangkut identitas diri. Kebanggaan kampung halaman.

    Yang lain sih setuju..terutama pembatasan pemain asing dan salary caps.


  3. Masa.. nama klub kita selalu dimulai dengan huruf “P” atau kata “Per”.. Semua orang juga sudah tau kalo itu klub bola. Lebih bagus nama aja langsung. Atau cukup di depan aja “P.S.”, contoh “P.S. Maung Bandung”. Jadi klub Maung Bandung nya yang dikenal orang. daripada nama Persib, persik, persija, dan per-per, serta P-P lainnya. Sudah jadul meen.., ntar dikira orang2 luar, tim di liga champions asia dari indonesia itu-itu terus. Benar2 jelek ah..



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: