h1

Dewiq – the hitsmaker

Oktober 22, 2007

Tentang seniman dan karyanya

Karya seorang seniman kadang jauh lebih populer ketimbang si penciptanya sendiri. Seperti itulah yang terjadi pada seorang Dewiq. Pencinta musik Indonesia mungkin banyak yang sudah mengenal judul lagu-lagu berikut ini. Mulai dari Dunia Belum Berakhir(Shaden), Bukan Cinta Biasa(Siti Nurhaliza), Temui Aku(Audy), Setelah Kau Pergi(Bunga Citra Lestari-OST Dealova), Dosa Termanis dan Pencuri Hati(Tere), hingga Cinta di Ujung Jalan(Agnes Monica), Sunny(Bunga Citra Lestari), Jenuh(Rio Febrian), 50 Tahun(Warna), Bukan Permainan(Gita Gutawa), I Love You(Dewi Sandra), Masih Bisa Cinta(Iwan Fals), juga singel terbaru Once yang judulnya masih disayembarakan. Tapi mungkin banyak yang belum tahu bahwa penulis lagu tersebut adalah orang yang sama, yaitu Dewiq. Kalo tidak salah, singel pertama album debut Nina Tamam(Nanana…Aku Bahagia) dan singel kedua album debut Mike Mohede(Terbaik) pun hasil karyanya. Para pendatang baru dalam musik Indonesia pun masih mengandalkan lagu ciptaannya, seperti : Judika(Malaikat), Ussy(Klik), dan T2 yang terdiri dari duo jebolan AFI : Tiwi & Tika(OK).

Ternyata variatif sekali penyanyi yang membawakan lagu-lagu Dewiq dan dari beragam jenis musik pula. Padahal dulu seingatku Dewiq sendiri nyanyinya nge-blues dan kurang mendapat sambutan hangat. Tapi kini nama isteri gitaris Parlin Burman alias Pay ini mungkin tetap tidak sengetop lagu-lagunya, walaupun pasti populer sekali di mata penyanyi, musisi, dan produser musik di Indonesia. Lagu ciptaan Dewiq kini sudah menjadi jaminan bakal selalu menjadi hits. Pokoknya memang lagi laris banget yang namanya Dewiq. Bahkan sekarang salah satu produk sepeda motor telah menjadikan Dewiq sebagai model iklannya, pastinya sekaligus dengan jingle-nya pun hasil karyanya. Tapi nama Dewiq -bernama asli Cynthia Dewi Bayu Wardani- yang kalah populer ketimbang karyanya itu, jadi membedakannya dengan hitsmaker lainnya di Indonesia, seperti : Ahmad Dhani, Yovie Widianto, Melly Goeslaw, Pongky Barata, dan Eross Chandra, yang karena popularitasnya kadang menjadi objek berita gosip.

Buat seorang seniman sejati, ketenaran diri mungkin memang bukan sesuatu yang penting. Bisa jadi Dewiq pun begitu. Yang penting baginya adalah terus berkarya selagi masih bernyawa sampai ajal tiba. Namun entahlah, apakah hal itu masih relevan di masa kini?

23 komentar

  1. aku suka semua lagu mbak dewiq, apalagi lagu yang dinyanyikan judika yang malaikat. jujur, aku sangat ngefans sama dia, bukan lagu yang judulnya malaikat saja, tapi semua lagu yang mbak dewiq ciptakan.


  2. Mbak Dewiiiiiiqq…..kenapa siiiihh…ga nyanyi ajaaaaaa…..
    suaranya kan ga kalah keren ama semua penyanyi yang udah mbak dewiq bikinin lagu2nya…

    Ayo dong mbaaakk Nyanyi….
    Mbak dewiq cantik kokk…PD aja kali..mbak!..apalagi suaranya juga ookkee..beeraaaaatt!!!!….

    Nyanyi yuuu


  3. aku waktu itu interview Ussy n Om Adri di radio tempat aku kerja [MGT 101.1 FM bandung]…
    seru bgt ngobrol2 bareng mereka…asyik pokoknya..
    aku denger 1 lagu yang direkam pd saat mbak dewiq n ussy latihan nyanyi..
    [alaaaa maakk..suaramu itu lho mbaak..sekseeeehhh..]

    Aku juga mau tuuh di bikinin lagu ama mbak dewiq…., abis suara aku ngebass n rendah..jadi suka ngiri ama yg suaranya medium [emang ada gitu, mbak jenis suara medium???..hehehhhheheee….]

    Yaa..pokoknya aku sangat ngedukung 100% kalo mbak dewiq nyanyi lagi

    Oh ya…
    Aku suka ama lagu mbak dewiq – dunia sedang tak brsahabat…
    4 thumbs up [itu plus ama jempol kaki lhoooo…huehhhhehehe]

    luv u…


  4. yang namanya lagu ciptaan dewiq, wah… bagus banget deh…. sip………… lah!


  5. Salah satu singel anyar dalam album kompilasi ‘mamamia’ pun ciptaan Dewiq, judulnya ‘Tak Tahan Sepi’ dinyanyikan oleh Margareth dan sepertinya potensial jadi hits lagi. Di album terbarunya nanti, Ari Lasso juga sudah mefavoritkan lagu ciptaan Dewiq sebagai singel jagoan. Salut banget buat DewiQ!!!


  6. iyaa !!!

    TAK TAHAH SEPI tuh lagu yang LuarRRrrr..biasa!!
    simbiosis Mutualisme sm DewiQ,,, penyanyi N pencipta ny sama2 sangat Berkualitas !!!

    4 tumbs Up 4 DEWIQ n MARGARETH SIAGIAN !!!

    kalo bisa lagu ini cepet dijadiin single yaaaa…
    dijamin sukses besaaaar !!!!!!


  7. mbak Dewiq….gw nge-fans bgt ma dia…asli, hampir semua lagu yg gw suka, N gw ga kpkiran bakal ada lagu dgn lirik2 ky gt, gtwx mbak yg bwt….hebat bgt ci mbak…kyx co2k bgt u? jd smber inspirasi wanita2 indonesia untuk berkaria seperti mbak…sukses terus yach mbak…ciptain lagi lagu2 yg lebih keren yach,jgn brhenti!N klo bisa kluarin solo album mbak Dewiq lg dunk…key, Good Luck N God Bless U!


  8. Walaupun aku ini generasi yang sudah tua tapi mendengar lagu-lagu dik Dewiq terutama di acara “Siapa Dewiq by Request” sangat menyukai lagu-lagu ciptaan dik Dewiq, khususnya lagu-lagu yang dibawakan oleh BCL dan juga Ussi, maupun Once. Saya suka lagu-lagu ciptaan dik Dewiq karena melodinya yang sangat sangat indah dan juga lirik-liriknya yang mengingatkan aku pada tahun 70an. Okey…..selamat untuk dik Dewiq, mudah-mudahan karir adik semakin berkibar di belantika musik di Indonesia dan saya tunggu karya-karya terbaru Anda. Salam dari Yogya


  9. Salute,..
    inspiring
    amazing
    sophisticated!!

    being smart is the previlige for us Living in this world,
    smart woman is the things that i adored!!
    bravo, DEWIQ!


  10. Salut buat dewiq!!!
    dari dulu aku penasarn ama nih cewek!
    coz…musikalitasnya tinggi banget!!!
    bisa disejajarkan ama ahmad dhani n melly goeslow!!!


  11. bulan mei 2008 kemarin dewiq dpt ‘sctv music awards’ kategori ‘hitsmaker’. congratulations for dewiq!
    sementara itu singel kedua dr album terakhir ari lasso ‘aku tak tahu’ yg lagi gencar dipromosikan, lagu ciptaan dewiq juga. dewiq sendiri baru mengeluarkan singel teranyar, dinyanyikannya sendiri duet dengan ipank ‘bip’. kayaknya sih bakal jadi hits lagi…


  12. dewiq.. OK banget.. he3..


  13. dewiq…..gw bingung ama nih orang…lagu2nya up to date gbt dgn kehidupan sekarang (nyata)
    ga puitis ga di buat2 bicara langsung seperti nyata tapi dlm lagu.
    setalah gw baca dimana2 ttg dewig, nih orang hebat bgt dia ga perlu populeritas dia ga pengen jadi
    celebritis….yg penting berkarya…….ini bene2 jiwa seorang seniman, gw yakin karya lo ga bakalan mati
    karena lirik2 lo selalu up to date, ga kawak yg lain ketauan bener dibuat2nya.
    so….maju terus..ya


  14. mBak dewiq….
    saya pEngen bikin album solo nie… tapi belum punya lagu yang layak diperdengarkan ke publik artinya lagu-lagu saya belum cukup bagus.. dengan segala kerendahan hati, bisa gax buatin lagu buat saya???
    makasih…


  15. sBnernya aku piawai nyanyi-idiw muji2 sndiri- tp gw g bs mæn instrument, jd g bs bwt lagu y9 bmutu de.,.


  16. Lagu dewiq lebih dahsyat dari dhani dan melly.Dunia belum berakhir antara lagu indo evergreen yg akan diingat smpai bila2!


  17. trus b’karya dewiq krn aq sllu m’nunggu krya2-mu….


  18. hasil googling ternyata lagunya ciptaan dewiq, tp blum jelas judul dan siapa penyanyinya, tp dapat liriknya yang saya cukup hapal nadanya , nyesek lo ga dapatin nih lagu..

    Dia tertidur lelap disampingku

    Wajah dan senyumnya oh begitu tenang

    apakah dia sedang bermimpi

    Mungkinkah ada aku

    Akan kubuat sedekat-dekatnya kau dan aku

    Meski tak mudah, kau adalah cinta yang kumau

    Kau, cobalah memahami

    Banyak jalan ‘tuk kita

    Pabila bukan aku takdirmu, pergilah…

    judulnya apa ya??
    siapa yang nyanyi??


    • kebetulan aku blm pernah dengar lagu dengan lirik spt itu, jadi entahlah apa judulnya dan siapa penyanyinya.. sori..


    • penyanyinya Ellie,, tapi judulnya aku juga lupa,, ini OST Sinetron “Di sini Ada Cinta” . . . ada yang satunya lagi lagu dari Ellie ciptaan dewiq jugha judulnya “Cinta”…
      aku nyari lagu ini juga gak keetemu ee…
      kalo ada yang punya mungkin bisa di share…


      • waaa arrizt THX ya
        lagunya ketemu
        Judulnya Seumur Hidup, by Ellie

        lega baget dapatnya😀


      • sama – sama . . .


  19. mantap tu lagu,,,,



Tinggalkan Balasan

