h1

Pengaruh Coldplay dan Muse dalam Lagu Indonesia

Oktober 30, 2007

Pencinta musik pasti tahu begitu besar pengaruh Coldplay dan Muse dalam perkembangan musik di dunia, termasuk di Indonesia. Selama ini ada Nidji yang sering dijuluki sebagai ‘Coldplay Indonesia’ karena besarnya pengaruh Coldplay dalam album pertamanya. Mereka sendiri mengaku lebih terpengaruh pada ‘britpop’ pada umumnya dan tak sekadar Coldplay, meski lagu-lagu seperti : Child, Sudah, Hapus Aku, atau Bila Aku Jatuh Cinta sangat beraroma Coldplay. Kalau pengikut Muse di Indonesia namanya Taboo dengan vokalisnya Arie Untung, tapi entah masih ada atau tidak band ini.

Sebenarnya masih banyak lagi lagu Indonesia yang terinfeksi ‘racun’ Coldplay dan Muse. Inilah beberapa di antaranya :

Coldplay’s influence :

Kosong(Dewa), Merindukanmu(Minoru), Manja(ADA Band), Surga Menangis(Katon B),Tak Pantas Untukmu(Jikustik), Aku Harus Pergi(Ari Lasso,cipt:Pay/Sandy/Ari,arr:Pay), Ijinkan Aku Menyayangimu(Iwan Fals,cipt:Rieka,arr: Erwin Gutawa), Tentang Kita(Channel), Andai Ku Tahu(Ungu), Rasa Ini(The Titans), Bersama Bintang(Drive), Bunga di Malam Itu(Letto).

Muse’s influence :

Patah Hati(Ari Lasso,cipt:Maysal/Ari,arr:Denny Chasmala), Cinta Gila(Dewa), Dealova(Once,cipt:Opick,arr:Addie MS), Irhamna dan Takdir(Opick,arr:Dede Kumala), Kamu Kamulah Surgaku(Ahmad Dhani & The Rock).

Tidak tertutup kemungkinan bahwa para musisi Indonesia tersebut bukannya terpengaruh oleh Coldplay dan Muse, melainkan justru ada kesamaan referensi dengan kedua grup musik tersebut. Muse sendiri konon banyak terinspirasi oleh Radiohead. Mohon maaf jika ada yang keberatan dengan opini ini. Jika ada yang ingin mengoreksi hasil pengamatan bodoh seorang pencinta musik ini, silakan saja. Terima kasih atas perhatiannya.

(95 % tulisan ini pernah kupasang di milis musik_indonesia pada bulan Maret 2007)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: