h1

Buah Aneka Rasa

November 3, 2007

Ada yang pernah makan buah bisbul, atau yang punya nama lain : apel hutan, samolo, dan buah mentega? Bentuk dan warnanya merah mirip apel, kulitnya seperti beludru atau berbulu, sedangkan aromanya wangi. Kalau daging buahnya sendiri setelah dikupas sama sekali tidak beraroma. Sementara untuk rasanya, setiap orang yang baru pertama kali memakannya ternyata punya persepsi yang berbeda. Setidaknya, begitulah yang kualami dan kulihat sendiri. Ada yang bilang mirip sawo, pir, jambu mete, durian, sirsat, markisa, ubi, dan masih ada rasa lainnya yang tak kuingat saking beragamnya. Buah itu untuk pertama kalinya kucicipi ketika menunggui sakitnya nenekku di RS Fatmawati Jakarta tempo hari. Pohon buah itu terletak di halaman depan kamar rawat inap nenekku. Begitu banyak orang yang penasaran melihat buahnya dan setelah seorang saudaraku mengupas dan mencicipinya, kami pun lantas berlomba mencoba rasanya dan berpendapat tak sama mengenai rasanya. Mungkin jika buah itu dibuat jusnya, bisa jadi dikira mix fruit juice. Maka ada yang lantas menyebut buah unik itu sebagai “buah aneka rasa”.
Ketika aku kembali ke warnet, kucoba mencari ‘buah mentega’ di google. Ternyata buah tersebut memang salah satu buah yang terbilang langka di Indonesia, tapi menjadi salah satu buah khasnya kota Bogor, bahkan sering menjadi salah satu bagian dari rujaknya, meski kadang dimakan sebagai hidangan tersendiri. Mungkin jika aku sering ke kota hujan itu, sudah lama kutahu seperti apa bentuk dan rasanya buah mentega.  Adapun kandungan gizinya yang menonjol dari buah ini adalah vitamin B, kalsium, dan zat besinya rata-rata lebih tinggi daripada buah tropika lainnya.
Untuk yang belum pernah memakannya, ada yang ingin mencobanya?

(tulisan ini pernah kupasang di blog fster pada 10 Mei 2007)bisbul_buah_mentega.jpg

7 komentar

  1. Apakah buah ini sama dengan Apl Beludru yang pohon dan buahnya pertama kali saya lihat seumur hidup saya ( sekarang 35 tahun ) di Tempat Wisata Kyai Langgeng di Magelang ?


  2. Sepertinya buah bisbul sama dengan apel beludru yang baru pertama kali dilihat Mbak Dewi di Magelang itu. Terima kasih utk komentarnya, Mbak…


  3. buah pa yah
    aq baru tau


    • di tempat asalku (ngawi) ada pohon buah ini…
      dulu aku sering memakan buah ini….
      rasanya enak..
      daging buahnya lembut…
      tapi harus hati2 dengan bulu/bludru nya…
      soalnya bisa bikin gatal kulit….


  4. SALAM ..AKU ETY,DARI MALAYSIA ,,AKU KEPINGIN SANGAT MAKAN BUA MENTEGA NIE,,ADA TAK U ALL BLEH DAPATKAN BUAT AKU?


  5. hahah dikit banget amppe diomelin guru !!!
    T_T


  6. wah, saya punya pohon apel ini. Kalau berbuah tiada henti. Buahnya besar, aromanya wangi. Ternyata tanaman langka ya.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: