h1

Liga Super Indonesia : Menunda Harapan

September 16, 2008

Dengan sistem kompetisi penuh, apakah Liga Super menjanjikan kualitas permainan, pemain, dan kompetisinya menjadi lebih baik?

Sudah semestinya menjadi harapan kita bersama, ketika Liga Super dapat digelar dengan sistem kompetisi penuh, maka kualitas permainan, pemain, dan kompetisinya dapat beranjak lebih baik ketimbang kompetisi liga sebelumnya. Tapi hal-hal yang menjadi persyaratan peserta Liga Super ternyata tak sepenuhnya sesuai peraturan yang telah dibuat oleh BLI. Beberapa tim terbukti memiliki masalah besar dengan kemampuan keuangan mereka. Hal itu bisa saja membuat mereka tak mampu mengikuti kompetisi hingga tuntas. Sejumlah tim yang tak memiliki stadion yang layak pun tetap diperbolehkan menjadi peserta. Lalu ada beberapa pemain yang sudah berlaku tidak sportif dalam pertandingan. Kemudian ada pula masalah kerusuhan suporter yang membuat sejumlah tim dilarang bermain di stadion kandangnya sendiri. Belum lagi jadwal Pilkada/Pemilu maupun kegiatan timnas membuat jadwal Liga Super selalu mengalami perubahan. Sudah terlalu banyak masalah yang terjadi ketika kompetisi baru berlangsung beberapa pekan saja. Padahal sistem kompetisi penuh hanya dapat meningkatkan kualitas yang diharapkan, jika didukung oleh keuangan klub yang memadai, stadion yang layak, juga adanya sportivitas yang dijunjung tinggi oleh para pemain, pelatih, wasit, maupun penonton. Jadi kita mungkin mesti menunda lagi harapan kita, sepanjang beberapa hal penting itu belum dapat dipenuhi oleh semua pihak.

Bambang Pamungkas (Persija) saat berhadapan dengan pemain-pemain PSIS dalam pertandingan Djarum ISL.

Sumber foto : http://www.goal.com

***

Tulisan ini dimuat di rubrik PSSI-Watch majalah BOLAVAGANZA No.83/September 2008. Terima kasih untuk redaktur yang bersedia memuatnya dan juga telah mengirimkan hadiahnya.

Iklan

One comment

  1. maen maen ke blog ku ya ..

    aryaandika.co.cc
    andikaarya.blogspot.com



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: