h1

Prediksi Gullit dan Kiprah Beckham

Februari 18, 2009
Beckham dan Owen, bintang Inggris yang pernah bermain di luar Inggris.

Beckham dan Owen, bintang Inggris yang pernah bermain di luar Liga Inggris.

Ada yang menarik jika kita mengingat apa yang pernah diprediksi oleh Ruud Gullit tentang David Beckham sekian tahun lalu. Ketika masih menjadi pelatih di klub Liga Inggris (entah Chelsea atau Newcastle United – saya lupa), Ruud Gullit pernah mengatakan bahwa hanya Beckham dan Michael Owen pemain Inggris (saat itu) yang pantas bermain di Liga Italia atau Liga Spanyol. Berbeda dengan saat ini, beberapa tahun silam Liga Inggris belum menjadi liga sepakbola paling top di dunia. Gullit sendiri pernah bermain di Liga Italia (AC Milan dan Sampdoria) maupun di Liga Inggris bersama Chelsea.

Apa yang terjadi kemudian, Beckham dan Owen lantas bergabung dengan Real Madrid di Liga Spanyol. Owen boleh dikata gagal bersinar karena tidak pernah dipercaya penuh oleh pelatih Madrid dan akhirnya kembali bermain di Inggris. Beckham sendiri lumayan sukses karena sekali ikut mempersembahkan gelar juara La Liga. Yang jelas dia berhasil mendatangkan keuntungan finansial bagi Madrid lewat penjualan merchandise atas namanya. Setelah empat tahun bermain di Madrid, tanpa diduga Beckham justru hijrah ke LA Galaxy, klub Major League Soccer (Liga Amerika Serikat) yang kualitasnya jelas di bawah klub-klub Liga Inggris dan Liga Spanyol. Ketika di tahun 2009 Beckham dipinjam AC Milan, tentu banyak suara skeptis menanggapinya. Selain sudah cukup berumur, selama sekitar dua tahun Beckham hanya bermain di liga dengan level yang tidak setinggi di Inggris, Spanyol, dan Italia. Ternyata Beckham mampu menjawab semua keraguan, sekaligus membuktikan apa kata Gullit bahwa dia memang pantas bermain di Liga Italia. Bahkan Milan kini ingin Beckham bisa tinggal lebih lama dari masa peminjamannya karena kontribusinya terbukti nyata bagi I Rossoneri.

Sementara itu, kendati belum pernah dipanggil Fabio Capello ke timnas dan sering cedera, nama Michael Owen ternyata sempat dihubung-hubungkan dengan Inter Milan, tim sekota AC Milan. Memang belum pasti Owen jadi bermain di Liga Italia, tapi prediksi Gullit dahulu ternyata memang jitu. Faktanya belum ada lagi pemain Inggris, selain Beckham dan Owen yang pernah bermain di Italia atau Spanyol hingga kini. Namun tidak mustahil Wayne Rooney, Theo Walcott, atau Ashley Young kelak memperkuat klub-klub elite di Liga Italia atau Spanyol. Tentu saja jika ada tawaran yang datang dan mereka berani mencoba tantangan baru berkarier di luar negeri, seperti halnya David Beckham.

* Tulisan ini pernah dimuat di www.bolanova.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: