h1

Polemik Pelatih Inggris dan Italia (Capello vs Lippi)

Maret 19, 2009

Kejayaan klub-klub Inggris tampil di perempat final Liga Champion musim 2008-2009 ini ternyata menimbulkan polemik di antara dua pelatih besar asal Italia, Fabio Capello sebagai pelatih timnas Inggris dan Marcello Lippi sebagai pelatih timnas Italia. Capello beropini bahwa tim Inggris lebih baik ketimbang tim Italia. Kenyataannya tiga klub Inggris (MU, Chelsea, dan Arsenal) memang sukses menyingkirkan tiga klub Italia (Inter Milan, Juventus, dan AS Roma). Lippi menolak mentah-mentah pernyataan Capello, alasannya tidak banyak pemain Inggris dan Italia yang memperkuat klub-klub itu. Menurutnya penilaian akan lebih adil, jika timnas kedua negara diadu dengan seluruh pemain dari dalam negeri, tanpa ada pemain asing.

Capello sendiri akhirnya banyak mengritik sepakbola Italia secara umum, seperti kebiasaan diving para pemain dan stadion-stadion tua yang sudah tidak nyaman di Italia. Mestinya apa yang dikatakan oleh mantan pelatih Milan, Madrid, dan Juventus itu bisa menjadi bahan introspeksi bagi seluruh pihak yang berkepentingan dalam persepakbolaan Italia. Terlebih lagi karena Capello sendiri orang Italia, yang sewajarnya masih mencintai sepakbola negaranya, kendati kini menangani timnas negara asing. Tapi Lippi malah seperti kebakaran jenggot menanggapi opini rekan sejawatnya itu.

Ternyata sebelumnya Capello dan Lippi pernah pula berdebat dalam sebuah talkshow di stasiun televisi Sky Italia, seperti pernah diceritakan di BolaVaganza. Tekad Capello memenangi Piala Dunia bersama Inggris disikapi dengan sinis oleh Lippi yang pernah membawa Italia menjuarai Piala Dunia 2006. Tampaknya perang kata antara kedua Italiano itu belum akan usai dan dipastikan bakal lebih seru jika timnas Inggris dan Italia kelak bertemu. Apa lagi seandainya pertemuan kedua tim terjadi di Piala Dunia 2010 nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: