h1

Jadwal ISL Masih Kacau Pasca Pemilu

April 21, 2009

Pemilu legislatif yang didahului dengan masa kampanye telah berlangsung aman dan terkendali di segenap penjuru tanah air. Terjadinya permasalahan lebih banyak yang bersifat administratif, tidak berhubungan dengan kerumunan yang bisa berujung pada kerusuhan massal. Bahkan gesekan yang terjadi pada sesama simpatisan parpol pun gara-gara mereka bersenggolan ketika bergoyang dangdut belaka. Jadi penundaan jadwal ISL karena pemilu jelas bukan sesuatu yang tepat. Kekhawatiran aparat keamanan terhadap suporter sepakbola terlalu berlebihan. Bahkan sepakbola seolah dipandang sebagai hantu yang menakutkan bagi pemilu (baca ’Sepakbola Hantu Pemilu’, pen). Faktanya, pertandingan yang tetap digelar di tanah Papua (Jayapura dan Wamena) maupun Palembang selama masa kampanye berlangsung lancar tanpa masalah. Sudah seyogyanya aparat keamanan di daerah lain dapat bersikap seperti rekan mereka ketika mengamankan pertandingan kandang Persipura, Persiwa, Sriwijaya FC, dan PSMS tersebut.

Sayangnya, pasca pemilu ternyata masih ada kepolisian daerah yang ketakutan memberikan ijin pertandingan ISL. Hal itu tentu saja membuat jadwal ISL kembali kacau. Padahal PSSI –yang tetap bertahan dengan inkonsistensinya- telah membatalkan jadwal sentralisasi yang semula direncanakan digelar di Jawa Timur. Namun semoga kompetisi ISL masih bisa berakhir tidak terlalu jauh dari rencana semula, kendati sudah pasti tidak tepat waktu.

Untuk ke depannya, PSSI dengan seluruh stakeholder sepakbola Indonesia bersama-sama aparat keamanan harus lebih saling percaya serta berpikir positif satu sama lain. Maka yang terjadi adalah pertandingan ISL tetap berlangsung aman seiring sejalan dengan pemilu. Untuk seluruh pihak yang merugi, semoga selalu sabar dan tetaplah tegar. Jangan sampai seperti para caleg yang gagal, hingga mengalami gangguan jiwa. Sepakbola kita masih perlu orang-orang ‘gila’ seperti Anda semua. Bravo sepakbola Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: