h1

Hal Ihwal Semifinal Piala Konfederasi

Juni 23, 2009

Piala Konfederasi 2009 di Afrika Selatan diikuti oleh delapan negara. Grup A dihuni oleh Afrika Selatan, Spanyol, Irak, dan Selandia Baru. Grup B dihuni oleh Italia, Brasil, Mesir, dan Amerika Serikat. Sebelum berlangsungnya kejuaraan, ada tiga tim yang paling dijagokan untuk menjuarai turnamen resmi FIFA tersebut. Mereka adalah Brasil (juara Copa America 2007), Italia (juara Piala Dunia 2006), dan Spanyol (juara Euro Cup 2008). Mereka terang sangat layak menjadi kandidat juara. Brasil niscaya menjadi unggulan setiap kejuaraan berkat raihan 5 trofi Piala Dunia. Italia hanya kalah satu dari Brasil, pernah 4 kali juara Piala Dunia. Sementara itu Spanyol, juara Eropa edisi terakhir selalu menyajikan permainan atraktif yang berakhir dengan kemenangan.

Babak penyisihan grup Piala Konfederasi telah usai. Dua tim unggulan, Spanyol dan Brasil bakal tampil di semifinal sebagai juara grup dengan nilai sempurna. Tapi yang paling mengejutkan adalah kegagalan Italia. Tim asuhan Marcelo Lippi itu justru tersingkir oleh Amerika Serikat, yang dikalahkannya 3-1 di pertandingan pembuka. Anehnya, Mesir yang hanya kalah 3-4 dari Brasil dan mengalahkan Italia 1-0, justru kalah 0-3 dari AS di pertandingan terakhir. Sial bagi Italia yang di pertandingan terakhir kalah 0-3 pula dari Brasil.

Lolosnya tuan rumah Afrika Selatan ke semifinal juga rada mengejutkan. Penampilan Irak (juara Piala Asia 2007) sebenarnya lebih menjanjikan. Setelah menahan imbang Afsel 0-0, Irak hanya kalah 0-1 dari Spanyol. Padahal Afsel sendiri kalah 0-2 dari lawan yang sama, tapi mereka mampu mengalahkan Selandia Baru 2-0. Irak sendiri hanya mampu bermain imbang dengan Selandia Baru, sehingga gagal ke semifinal.

Spanyol vs Amerika Serikat dan Brasil vs Afrika Selatan akan menjadi pertemuan yang menarik di semifinal. Dua tim papan atas -bertabur bintang- sekaligus kandidat juara (Spanyol dan Brasil) akan bertemu dengan dua tim semenjana -nyaris tanpa bintang- yang menjadi kuda hitam (Amerika Serikat dan Afrika Selatan).

Siapa yang lebih baik di antara Adidas dan Nike juga akan terjadi di semifinal. Adidas diwakili oleh Spanyol dan Afrika Selatan, sementara Nike menjadi sponsor Amerika Serikat dan Brasil. Final impian akan terwujud jika Spanyol bertemu dengan Brasil di partai puncak. Namun kejutan masih mungkin berlanjut riwayatnya di Afrika Selatan.

Kaka dkk akan menyingkirkan AS untuk lolos ke final.

Kaka dkk mesti menyingkirkan AS untuk lolos ke final.

One comment

  1. Kejutan memang berlanjut ketika AS menang 2-0 atas Spanyol di semifinal, tapi akhirnya berhenti ketika Brasil mengalahkan AS 3-2 di final. Dua tim yang disponsori Nike tampil di partai puncak dan Brasil sukses menjadi yang terbaik.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: