h1

Prediksi Finalis Liga Champion

Oktober 10, 2009
real-madrid-v-olympique-marseille-09-10-kaka-gallery-images-photos-pictures-11

Real Madrid mungkin bakal tampil di partai puncak yang berlangsung di Santiago Bernabeu, stadion kandangnya sendiri.

Biasanya ditemukan siklus tertentu dari data dan fakta sejarah, yang bisa menjadi pijakan prediksi tentang siapa yang akan tampil di partai final Liga Champion. Bisa berdasarkan asal negara, dihubungkan dengan juara liga lokal, dan masih banyak lagi parameternya. Kali ini tinjauannya dilihat dari sponsor apparel atau kostum tim finalis dan siapa yang menjadi juaranya dalam empat musim terakhir. Tercatat hanya ada Nike dan Adidas yang terlibat dalam persaingan.

Tahun           Tim Finalis               Sponsor Kostum           Juara

2005/06 Barcelona-Arsenal         Nike-Nike         Barcelona (Nike)

2006/07 AC Milan-Liverpool   Adidas-Adidas  ACMilan (Adidas)

2007/08 ManUnited-Chelsea       Nike-Adidas    ManUnited (Nike)

2008/09 Barcelona-ManUnited  Nike-Nike         Barcelona (Nike)

Berdasarkan data tersebut, jika yang terjadi adalah siklus tiga tahunan, maka kedua tim yang kemungkinan menjadi finalis musim 2009/10 adalah klub-klub berkostum Adidas. Alasannya, di tahun 2009 kedua tim finalis berkostum Nike dan juaranya Barcelona merupakan ulangan kejadian di tahun 2006. Pada tahun 2007 Milan dan Liverpool yang berkostum Adidas yang tampil di partai puncak. Sejumlah tim unggulan yang disponsori oleh Adidas yang berlaga musim ini, yaitu : Real Madrid, Chelsea, Liverpool, Bayern Muenchen, dan AC Milan. Ada pula dua tim yang mungkin saja tampil mengejutkan, yaitu : Wolfsburg (Jerman) dan Marseille (Prancis). Barangkali dua di antara tujuh tim itulah yang akan tampil di Santiago Bernabeu dalam partai puncak liga para juara Eropa tahun 2010. Namun hal itu tentu tak akan dibiarkan terjadi dengan mudahnya. Barcelona, Manchester United, Arsenal, Inter Milan, dan Juventus adalah tim-tim unggulan lain yang justru disponsori oleh Nike. Dalam empat musim terakhir, tim-tim berkostum Nike tiga kali menjadi penguasa Liga Champion, yaitu Barca (dua kali) dan United. Tentu mereka juga ingin tetap memertahankan dominasi mereka di Eropa.

One comment

  1. Tulisan ini dimuat di rubrik Interaktif majalah BolaVaganza edisi No.86/Oktober 2009. Trims buat Mas Suryo Wahono dkk.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: