h1

Raul Makin Masygul

September 5, 2010

Keberhasilan Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan sudah pasti menghadirkan kebahagiaan dan kebanggaan luar biasa bagi seluruh rakyat Spanyol. Namun ada seseorang di Spanyol yang mungkin tak bisa bersuka cita sepenuh hati. Dialah Raul Gonzalez Blanco, pencetak gol paling subur dan salah satu pemilik caps terbanyak di timnas Spanyol itu sepanjang kariernya belum pernah mempersembahkan satu pun gelar juara bagi negaranya. Ketika dia tidak lagi dipanggil oleh Luis Aragones di Piala Eropa 2008 dan Vicente del Bosque di Piala Dunia 2010, justru dalam kedua ajang tersebut Iker Casillas dkk sukses sebagai kampiun.

Raul mungkin makin masygul melihat pemain yang mengenakan nomor yang dulu dipakainya malah jauh lebih cemerlang ketimbang dirinya. David Villa, pemain nomor 7 Spanyol saat ini, selain menjadi bagian dari tim juara Piala Eropa dan Piala Dunia, juga menjadi pencetak gol terbanyak dalam dua turnamen bergengsi tersebut. Bahkan Villa hanya tinggal mencetak satu gol lagi untuk menyamai rekor gol Raul di timnas Spanyol.

Raul pun mesti bersedih karena musim depan dia dipastikan meninggalkan Real Madrid, klub yang telah 16 musim diperkuatnya. Mesti diakui bahwa Raul merupakan elemen penting kejayaan Los Blancos dalam dua dekade terakhir. Boleh dikata Raul Gonzalez adalah salah satu pemain legendaris Real Madrid. Sayang sekali, pelatih Jose Mourinho tidak berencana memasukkan Raul dalam skema tim Los Blancos musim mendatang, sehingga Sang Pangeran Bernabeu terpaksa pindah klub.

Raul pun tidak bisa mengikuti jejak Franco Baresi dan Paolo Maldini yang sepanjang kariernya setia hanya memperkuat satu klub, AC Milan. Terpaksa ada nama selain Real Madrid dalam riwayat hidup Raul sebagai pemain profesional. Tapi mudah-mudahan Raul masih mampu menampilkan sisa-sisa kejayaannya bersama klub anyarnya. Buena suerte (semoga berhasil), Raul!

# Tulisan ini dimuat di rubrik Interaktif majalah BolaVaganza No.107-September 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: