h1

Gol Otto, Yongki, dan Toni Jadi Asa buat Indonesia

Oktober 12, 2010

Ibarat anak-anak SD yang berhadapan dengan para remaja SMA. Barangkali begitulah yang terjadi ketika timnas Indonesia kalah 1-7 dari Uruguay hari Jumat pekan lalu (8/10) di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Tapi ada hal-hal yang layak dicatat dari pertandingan yang disaksikan oleh Presiden SBY tersebut. Selain gol indah Boaz Solossa, terdapat sejumlah pemain yang menjalani debutnya bagi timnas senior, yaitu : Benny Wahyudi, M.Nasuha, Toni Sucipto, Ahmad Bustomi, Oktavianus Maniani, dan Yongki Aribowo.

Ketika Selasa pekan ini (12/10) Indonesia menjamu Maladewa di Stadion Siliwangi Bandung, barulah Bambang Pamungkas dkk mendapatkan lawan yang berada di strata yang sama. Dalam peringkat FIFA terakhir, Indonesia ada di posisi 131, sementara Maladewa nomor 143.

Di atas kertas Indonesia sudah unggul dan di atas lapangan ternyata juga mampu menang 3-0 atas Maladewa. Permainan timnas secara keseluruhan memang belum sempurna, masih ada salah-salah umpan atau sejumlah peluang emas yang gagal menjadi gol. Namun pembaruan materi pemain timnas yang dilakukan Alfred Riedl mulai memperlihatkan titik cerah. Ketiga gol diciptakan oleh para pemain yang baru pertama kalinya mencetak gol untuk timnas, yaitu : Oktavianus ‘Otto’ Maniani, Yongki Aribowo, dan Toni Sucipto. Otto dan Yongki adalah pemain yang masih bisa memperkuat timnas U-23 di SEA Games 2011 nanti, sementara Toni adalah mantan kapten timnas SEA Games 2009 yang gagal total tahun silam. Setidaknya hal itu bisa menerbitkan harapan bahwa timnas masih mungkin berprestasi di masa depan.

Badan Tim Nasional (BTN) telah berencana mengundang tim-tim lainnya untuk beruji coba kembali dengan timnas sebelum menghadapi turnamen Piala AFF di akhir tahun nanti. Ada nama-nama seperti : Pantai Gading, Paraguay, Korea Selatan, dan Timor Leste yang mungkin akan bertanding dengan timnas. Mestinya BTN bisa lebih mempertimbangkan kualitas tim-tim yang akan diundang. Tidak perlu tergesa-gesa menghadirkan tim kelas dunia seperti Uruguay yang hanya akan mempermalukan tim asuhan Alfred Riedl lagi.

Materi timnas Indonesia saat menghadapi Maladewa (12/10) :

1.Markus Haris ; 16.Benny Wahyudi/2.Yesaya Desnam, 6.Nova Arianto, 5.Maman Abdurahman, 13.M.Nasuha/22.Slamet Riyadi; 10.Oktavianus Maniani/21.Ambrizal, 15.Firman Utina, 19.A.Bustomi/14.Hariono, 8.Toni Sucipto; 20.Bambang Pamungkas/18.Yongki Aribowo, 11.Boaz Solossa/17.Jaya Teguh Angga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: