h1

Timnas Indonesia Tanpa Ujicoba, Bisa Apa di Piala AFF?

November 20, 2010

Erupsi gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah ternyata berimbas pula pada persiapan timnas Indonesia yang tengah bersiap-siap menghadapi turnamen Piala AFF bulan Desember 2010 nanti. Kendati intensitas letusan Merapi cenderung menurun, namun ketakutan atas efek abu vulkanik terhadap perjalanan di udara telah membuat batalnya rencana ujicoba timnas. Semula timnas dijadwalkan melawan Filipina, Hongkong, dan Taiwan sepanjang bulan November ini, namun semua ternyata tidak jadi terlaksana. Apakah PSSI yang terlalu naif tidak bisa meyakinkan mereka untuk tetap datang, sementara presiden AS Barack Obama pun berani terbang ke Jakarta pada 9-10 November silam? Kabar terakhir, timnas mungkin hanya akan melakukan satu kali ujicoba melawan Timor Leste di Stadion Jakabaring Palembang pada Minggu (21/11).

Waktu terus berputar mendekati Piala AFF dan PSSI belum memiliki alternatif lawan tanding bagi tim asuhan Alfred Riedl. Apakah tidak mungkin timnas kita saja yang bertandang ke negara lain untuk berujicoba? Tentu saja itu tugas PSSI untuk menjawabnya. Jika akhirnya timnas tak kunjung melakukan ujicoba internasional, lalu harapan apa yang mesti disematkan pada Bambang Pamungkas dkk?

Bagaimanapun pertandingan ujicoba sangat diperlukan timnas, apalagi ada sejumlah pemain nasional baru seperti Irfan Bachdim dan Christian Gonzales yang masih menanti debutnya memperkuat timnas Indonesia. Ketiadaan Boaz Solossa di sektor depan pun masih menjadi pekerjaan rumah bagi pelatih Alfred. Ujicoba adalah sarana yang sungguh penting untuk mencari jawaban atas berbagai masalah yang dihadapi timnas. Dan diharapkan saat bermain di turnamen sesungguhnya, segenap awak timnas telah siap lahir batin untuk meraih kemenangan demi kemenangan yang berujung pada gelar juara.

Yang jelas, jika timnas kembali gagal di Piala AFF, Nurdin Halid cs sudah memiliki kambing hitamnya sejak sekarang, yaitu gara-gara gunung Merapi meletus. Mister Alfred, siap-siap saja angkat koper dari negeri ini karena Anda yang pasti dituduh tidak becus menangani timnas oleh Mister Nurdin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: