h1

Liga Ilegal Sponsor Internasional

Maret 24, 2011

 

Liga Primer Indonesia (LPI) telah berlangsung beberapa bulan dengan 19 klub terlibat di dalamnya. Dengan segala kekurangannya di sana-sini, masih ada kelebihan yang dimiliki LPI. Selain semua klub peserta LPI tidak dibiayai oleh APBD seperti mayoritas klub peserta Indonesia Super League (ISL), ada sejumlah perusahaan multinasional yang ternyata bersedia bermitra kerja dengan LPI. Sebut saja nama Coca-Cola, Air Asia, Microsoft, atau Rexona/Clear for Men (Unilever) yang terlihat di stadion-stadion saat siaran langsung LPI di televisi. Coca-Cola bahkan menjadi sponsor utama LPI.

Jadi, meski oleh pengurus PSSI disebut sebagai liga sepak bola ilegal, namun sejumlah sponsor LPI adalah merek internasional. Silakan PT Liga Indonesia berkaca, ada berapa banyak perusahaan multinasional yang sudi menjadi sponsor ISL? Selain itu, dengan tidak hanya disiarkan secara eksklusif oleh satu stasiun televisi, maka pertandingan LPI potensial lebih banyak disaksikan oleh pemirsa, terlepas dari kualitas pertandingannya yang mungkin sebagian besar masih sama saja atau bahkan di bawah ISL.

Nama beberapa pemain dan pelatih asing LPI pun terkesan lebih mentereng, seperti : Lee Hendrie (mantan pemain Liga Primer Inggris), Amaral (mantan pemain nasional Brasil), Lionel Charbonier (mantan pemain Prancis di Piala Dunia 1998), dan Jose Basulado (mantan pemain Argentina di Piala Dunia 1990). Dan sebelum ISL mengundang wasit asing, LPI telah lebih dahulu menggunakan jasa wasit asing.

Yang jelas, LPI tidak layak dipandang sebelah mata dan salut bagi Konsorsium LPI yang sanggup menjalankan kompetisi, kendati dengan banyak rintangan yang menghadang jalan. Semoga saja LPI bisa menjadi solusi alternatif bagi sepak bola nasional yang lebih maju. Masalah legalitas LPI sebagai kompetisi yang belum mendapat pengakuan dari PSSI dan FIFA barangkali akan mendapatkan solusi ketika terjadi pergantian pucuk kepemimpinan di PSSI, yang semoga bakal menjadi nyata pada bulan April 2011 nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: