h1

Serba-serbi Semifinal Liga Champion Eropa 2010/11

April 27, 2011

Persaingan Sponsor Apparel

Perjumpaan keempat tim dalam babak semifinal Liga Champion 2010/11 merupakan duel antara tim yang disponsori oleh Adidas (Schalke dan Real Madrid) menghadapi tim yang disponsori oleh Nike (Manchester United dan Barcelona). Dalam lima tahun terakhir, tim Nike empat kali sukses menjadi juara, yaitu : Barcelona (2006 dan 2009), Manchester United (2008), dan Inter Milan (2010). Tim Adidas hanya sekali melakukannya lewat AC Milan (2007). Barangkali Nike masih akan melanjutkan hegemoninya di Eropa atau justru Adidas yang akan kembali berjaya.

Kemenangan Ganda di Perempat Final

Sebelum sampai di babak empat besar, semua tim semifinalis menang kandang dan tandang di babak perempat final. Schalke menaklukkan Inter Milan 5-2 dan 2-1. United mengalahkan Chelsea 1-0 dan 2-1. Madrid mengandaskan Tottenham Hotspur 4-0 dan 1-0. Barca menundukkan Shaktar Donetsk 5-1 dan 1-0. Konon fakta tersebut merupakan rekor baru karena belum pernah terjadi di babak perempat final tahun-tahun yang silam.

Tiga (Pernah Juara) Banding Satu (Belum Pernah Juara)

Tiga dari keempat tim semifinalis boleh dikata langganan juara di Piala/Liga Champion. Madrid (9), Barca (3), dan United (3) sedang berlomba mempertajam rekor juaranya, sementara Schalke bakal membuat rekor baru jika mampu menjadi juara.

Pada sisi pelatih pun demikian adanya. Sir Alex Ferguson (United) dan Jose Mourinho (Madrid) berusaha meraih trofi ketiganya, sedangkan Pep Guardiola (Barca) mencoba mendapatkan trofi keduanya di Liga Champion. Sementara itu Ralf Rangnick (Schalke) masih bermimpi menggapai trofi pertamanya di Eropa.

Fenomena Brasil dan Spanyol

Kendati sekian tahun terakhir ini prestasinya meredup, namun Brasil -pemegang rekor 5 kali juara Piala Dunia- tetap menjadi negara yang konsisten menghadirkan pemain hebat di berbagai kompetisi liga di dunia. Buktinya, keempat tim semifinalis memiliki pemain asal Brasil, yaitu : Edu (Schalke), Rafael, Fabio, Anderson (United), Marcelo, Kaka (Madrid), Dani Alves, Adriano, dan Maxwell (Barcelona).

Spanyol adalah juara Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, serta pemuncak klasemen antarnegara FIFA dalam dua tiga tahun terakhir ini. Dua klub Spanyol berjumpa di semifinal Liga Champion musim ini, Madrid vs Barca. Maka jumlah pemain Spanyol pun mendominasi babak empat besar. Selain Barcelona dan Madrid yang diperkuat mayoritas pemain Spanyol (Valdes, Puyol, Pique, Xavi, Villa, Casillas, Ramos, Alonso, dll), Schalke juga memiliki Sergio Escudero, Jose Manuel Jurado, dan Raul Gonzalez yang berasal Spanyol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: