h1

Persamaan Barca dan United pada Final Liga Champion 2011

Juni 7, 2011

Sudah kita saksikan bersama betapa hebatnya Barcelona sebagai klub terbaik di Eropa seusai mengandaskan Manchester dengan skor 3-1 dalam laga puncak Liga Champion Eropa 2010/2011 yang berlangsung di Stadion Wembley London, 28 Mei 2011 silam. Namun bisa jadi tidak semua orang menyadari bahwa ada benang merah yang membentang pada kedua tim finalis.

Sebelum pertandingan berlangsung, telah kita ketahui bahwa Barca dan United adalah juara liga di negaranya untuk musim ini, sama-sama pernah tiga kali menjadi juara Piala/Liga Champion, dan kostum utamanya didominasi warna merah serta berlogo Nike.

Ketika Barcelona dan Manchester United akhirnya berjumpa di lapangan, ternyata terdapat sejumlah persamaan menyangkut para pemainnya. Baik Blaugrana maupun Red Devils masing-masing memiliki pemain bernama belakang Hernandez. Ada Xavier ’Xavi’ Hernandez di kubu Barca dan Javier ’Chicharito’ Hernandez di kubu United. Uniknya, bukan nama Hernandez yang tertulis di punggung mereka, melainkan nama panggilan mereka : Xavi dan Chicharito. Hernandez senior dari Spanyol yang akhirnya tersenyum, Hernandez junior dari Meksiko hanya bisa menundukkan kepala karena kecewa.

Persamaan berikutnya adalah posisi bek sayap kedua tim yang ditempati pemain dari negara yang sama. Bek kanan Dani Alves (Barca) dan Fabio da Silva (United) merupakan pemain Brasil, sementara bek kiri Eric Abidal (Barca) dan Patrice Evra (United) berkewarganegaraan Prancis. Kedua tim pun memiliki pemain Belanda, Ibrahim Afellay (Barca) dan Edwin van der Sar (United).

Baik Barca maupun United menurunkan sejumlah pemain starter dengan nomor yang sama, yaitu : 1, 3, 10, 14, dan 16. Jika pemain cadangan pun diperhitungkan, maka ada lagi nomor identik, yakni : 5, 15, 17, dan 20.

Setelah peluit panjang dibunyikan wasit Viktor Kassai pada akhir laga, fakta baru pun tercipta. Barcelona kini memiliki empat trofi Liga Champion dan Pep Guardiola kembali unggul atas Sir Alex Ferguson sekaligus menyamai prestasi pelatih gaek asal Skotlandia itu dengan membawa timnya dua kali menjadi yang terbaik dalam ajang antarklub juara Eropa.

Barcelona (4-3-3)
1-Valdes; 2-Dani Alves (5-Puyol 88’), 14-Mascherano, 3-Pique, 22-Abidal; 6-Xavi(k),16-Sergio, 8-A.Iniesta; 7-David Villa (15-Keita 86’), 10-Messi, 17-Pedro (20-Afellay 90’).

Manchester United (4-4-1-1)
1-Van der Sar; 20-Fabio (17-Nani 69’), 5-Ferdinand, 15-Vidic(k), 3-Evra; 25-Valencia, 16-Carrick (18-Scholes 77’), 11-Giggs, 13-Park Ji-sung; 10-Rooney; 14-Chicharito.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: