h1

Beberapa Hal Baru dari Manchester United 2011/12

Agustus 15, 2011

Tim Termuda di Premier League

Mengawali Premier League musim 2011/12, Manchester United tampil dengan beberapa hal baru. Tidak hanya kostum tim dan potongan rambut Wayne Rooney yang baru, tapi sebagian penghuni tim inti The Red Devils pun merupakan wajah baru, yaitu : David De Gea, Tom Cleverley, Ashley Young, dan Danny Welbeck. Hebatnya, rata-rata usia pemain United ketika mengalahkan West Brom 2-1 pada hari Minggu (14/8) ternyata menjadi yang termuda dari seluruh tim yang tampil dalam pekan pertama Premier League, yakni pada angka 24 tahun. Dari sebelas pemain inti dan tiga pemain pengganti yang diturunkan, terdapat sepuluh pemain yang usianya berkisar antara 19-26 tahun. Mereka adalah David De Gea (20), Chris Smalling (21), Fabio (21), Anderson (23), Tom Cleverley (22), Ashley Young (26), Wayne Rooney (26), Danny Welbeck (20), Jonny Evans (23), dan Phil Jones (19). Terlihat jelas hasrat Sir Alex Ferguson melakukan peremajaan timnya sudah diwujudkan sejak pertandingan pekan pertama liga.

Dominasi Pemain Inggris

Yang juga menjadi hal baru dari United adalah lebih banyaknya jumlah pemain Inggris dalam tim inti. Tercatat ada enam pemain anggota skuad The Three Lions yang diturunkan Sir Alex, yaitu : Rio Ferdinand, Smalling, Cleverley, Young, Rooney, dan Welbeck, ditambah satu pemain cadangan Jones yang merupakan pemain Inggris U-21. Jika pertandingan persahabatan Inggris melawan Belanda pekan lalu (10/8) tidak dibatalkan karena kerusuhan di London, Fabio Capello diprediksi akan memainkan Ferdinand, Young, Rooney, dan Welbeck sejak menit pertama. Jika permainan mereka bersama klub Manchester berwarna merah cukup konsisten, hal itu kiranya bakal berdampak positif bagi timnas Inggris. Kita tidak bisa mengabaikan bahwa keberhasilan Spanyol menjadi juara Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 tak lepas dari pemain Barcelona yang mendominasi skuad inti La Furia Roja. Siapa tahu dengan lebih banyaknya pemain United yang menghuni skuad The Three Lions akan membuat tim asuhan Capello tersebut lebih berprestasi dalam turnamen resmi antarnegara mendatang.

Nomor Kostum

Kepergian sejumlah pemain lawas dan kehadiran pemain anyar juga ditandai dengan perubahan nomor kostum. Nomor 1 yang ditinggalkan Edwin van der Sar kini ditempati De Gea, nomor 6 bekas Wes Brown dipakai Evans, nomor 18 yang selama lebih dari sepuluh tahun dipakai Paul Scholes kini menjadi milik Young, sementara nomor 23 yang semula dikenakan Evans kini dipakai Cleverley.

Small-Clever-Young

Ada satu hal lagi yang unik. Nama tiga pemain usia muda Inggris yang menjadi pemain inti merupakan kata sifat yang bagaikan melukiskan kondisi United saat ini, yaitu small/kecil (Chris Smalling), clever/pintar (Tom Cleverley), dan young/muda (Ashley Young). Kecil dapat diartikan belum memiliki nama besar, namun mereka pintar dan masih muda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: