h1

Kiper dan Bek Muda yang Mencuat Namanya

Desember 23, 2011

Gambar

Selama ini jika ada pemain muda yang namanya mencuat ke permukaan, maka sebagian besar dari mereka pasti berposisi sebagai gelandang atau penyerang. Dalam satu dekade terakhir bisa kita ingat kembali nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Cesc Fabregas, Wayne Rooney, Pato, Jack Wilshere, Mesut Oezil, Mario Balotelli, dan Javier ‘Chicharito’ Hernandez. Sekian bulan terakhir pun ada dua bintang muda Brasil yang diincar klub-klub raksasa Eropa. Mereka adalah Ganso (gelandang/22) dan Neymar (penyerang/19). Hampir tidak pernah terdengar ada nama kiper muda yang menjadi bintang lagi sejak Gianluigi Buffon (Italia) dan Iker Casillas (Spanyol) memulai debutnya. Mereka berdua kini telah menjadi kiper legendaris dengan prestasi hebatnya. Bek muda yang kondang malah nyaris tak pernah muncul lagi.

Tapi pada musim 2011/12 tersebutlah sejumlah bintang muda yang berposisi kiper dan bek yang cukup menonjol. Mereka adalah David de Gea (kiper/20), Chris Smalling (bek/21), dan Phil Jones (bek/19). Sebelum itu ada pula nama si kembar Fabio dan Rafael (bek/21). Kebetulan mereka semua bermain di Manchester United, klub Liga Inggris.

Di Liga Spanyol ada pula nama Raphael Varane (bek/18), pemain Prancis yang bermain di Real Madrid, dan Jordi Alba (bek/22), pemain Spanyol yang bermain di Valencia.

Ternyata eksistensi kiper dan bek muda kini telah mampu menyaingi kiprah gelandang dan penyerang muda. Mereka pun bisa memulai kebintangannya di usia muda.

# Tulisan ini dimuat di rubrik Interaktif majalah BolaVaganza No.122/Desember 2011.


 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: