h1

Robin van Persie : Pemain Belanda Nomor 10 di Klub Mancanegara

Januari 18, 2012

Robin van Persie mungkin layak disebut sebagai ‘jagoan utama’ Arsenal musim 2011/12 ini. Menjadi pemain paling berpengaruh di klubnya sejak kepergian Cesc Fabregas dan Samir Nasri, pemain kelahiran Rotterdam pada 6 Agustus 1983 tersebut juga menjadi kapten sekaligus penyerang paling produktif bagi The Gunners. Satu hal lagi yang khas, Robin van Persie merupakan pemain Belanda masa kini bernomor 10 di sebuah klub di luar negaranya, tepatnya di Inggris. Dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya sudah ada tiga pemain Belanda yang melakukannya.

Mereka adalah Clarence Seedorf (AC Milan – Italia), Wesley Sneijder (Inter Milan – Italia), dan Arjen Robben (Bayern Muenchen – Jerman). Ketiga pemain Belanda yang kebetulan pernah memperkuat Real Madrid tersebut telah menunjukkan kedigdayaannya ketika mengenakan nomor 10 di klubnya masing-masing.

Seedorf pernah mempersembahkan gelar Liga Champion dan scudetto bagi Rossoneri. Sneijder bahkan pernah meraih tiga trofi (treble winner) dalam satu musim untuk Nerazzuri. Robben pun pernah membawa FC Holywood menjadi juara Liga dan Piala Jerman dalam musim yang sama.

Musim ini Seedorf kian kerap dipercaya menjadi kapten Milan (meski tidak selalu turun dalam semua pertandingan), tapi sayangnya Sneijder dan Robben lebih sering berkutat dengan cedera sehingga absen membela timnya masing-masing.

Lantas bagaimana dengan Robin van Persie? Dengan penampilan cemerlangnya selama separuh musim, mantan penyerang Feyenoord itu sangat diharapkan sanggup membawa Arsenal meraih trofi, yang pastinya akan membahagiakan para pendukung The Gunners, yang sudah sangat lama merindukan sebuah gelar juara.

Kita tunggu saja kiprah pemain Belanda bernomor 10 di Arsenal pada akhir musim nanti, apakah akan mengikuti jejak prestasi gemilang Seedorf, Sneijder, dan Robben pada musim-musim sebelumnya?

# Tulisan ini dimuat di rubrik Interaktif majalah BolaVaganza No.123/Januari 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: