h1

Generasi Baru Milan

Maret 20, 2012

AC Milan mampu mengakhiri mimpi buruknya menghadapi klub Inggris, setelah berhasil mengalahkan Arsenal pada first leg babak 16 besar Liga Champion 2011/12 di Stadion San Siro. Selama empat tahun terakhir, tiga kali langkah Rossoneri terhenti di tangan klub Inggris, yaitu : Arsenal (2007/08), Manchester United (2009/10) dan Tottenham Hotspur (2010/11). Peluang tim asuhan Massimilano Allegri melaju ke perempat final musim ini sangat besar seusai menundukkan tim asuhan Arsene Wenger dengan empat gol tanpa balas. Dan akhirnya Milan pun lolos dari hadangan Arsenal dengan skor agregat 4-3.

Ada hal menarik ketika kita menyimak materi pemain yang diturunkan oleh Allegri. Dalam skuad inti terdapat enam pemain yang baru bergabung dengan Tim Merah-Hitam dalam dua musim terakhir (2010/11 dan 2011/12), yaitu : Philippe Mexes, Mark van Bommel, Antonio Nocerino, Kevin-Prince Boateng, Robinho, dan Zlatan Ibrahimovic. Hanya tersisa Christian Abbiati, Ignazio Abate, Thiago Silva, Luca Antonini, dan Clarence Seedorf yang merupakan andalan Milan pada era Carlo Ancelotti dan Leonardo. Seedorf cuma bermain 12 menit karena cedera dan Urby Emanuelson yang menggantikannya menjadi bagian dari skuad Milan sejak awal tahun 2011. Para pencetak gol ke gawang The Gunners juga baru memasuki musim keduanya memperkuat Rossoneri. Robinho membakukan dua gol, sementara Kevin-Prince dan Ibra masing-masing menyumbang satu gol.

Kehadiran Allegri sejak musim 2010/11 telah mewujudkan generasi baru di tubuh AC Milan. Pada musim pertamanya yang menghasilkan scudetto, terdapat nama-nama anyar di San Siro, seperti : Robinho, Ibrahimovic, Kevin-Prince, Van Bommel, Emanuelson, dan Antonio Cassano. Pada musim 2011/12 bergabunglah Phillipe Mexes, Alberto Aquilani, Antonio Nocerino, dan Stephan El Shaarawy di awal musim, lalu datang pula Djamel Mesbah, Sulley Muntari, dan Maxi Lopez pada pertengahan musim. Nyatanya mereka pun mampu menjadi kekuatan baru bagi klub peraih tujuh trofi Piala/Liga Champion tersebut.

Proses regenerasi pemain dan transformasi tim sejauh ini berjalan cukup mulus di kubu Rossoneri. Mereka yang sudah sangat lama berada di San Siro, seperti : Alessandro Nesta, Gennaro Gattuso, Massimo Ambrosini, Clarence Seedorf, Filippo Inzaghi, atau Andrea Pirlo (yang dijual ke Juventus usai musim 2010/11) telah memperoleh pengganti sepadan untuk melanjutkan sukses klub di masa mendatang. Generasi baru Milan jelas masih memiliki ambisi besar menggapai banyak prestasi demi mengharumkan nama tim kesayangan Milanisti. Allegri tampaknya layak menjadi kandidat pelatih legendaris Tim Merah-Hitam berikutnya setelah Arrigo Sacchi, Fabio Capello, dan Carlo Ancelotti.

# Tulisan ini dimuat di rubrik Interaktif majalah BolaVaganza No.125/Maret 2012

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: