h1

Keunikan Nama Depan Pemain Belanda Keturunan Indonesia

Maret 20, 2012

Jika kita memerhatikan nama para pemain sepak bola Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia, ternyata seperti ada benang merahnya dan menjadi keunikan tersendiri. Di antara mereka ada yang merupakan mantan pemain timnas Belanda, masih menjadi warga negara Belanda, sementara sebagian besar telah dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia.

Coba kita simak nama Giovanni van Bronckhorst, Diego Michiels, Ruben Wuarbanaran, Stefano Lilipaly, dan Sergio van Dijk. Nama Giovanni, Diego, Ruben, Stefano, dan Sergio biasanya kita temui di Italia, Spanyol, Portugal, Brasil, Argentina, atau negara-negara Amerika Latin lainnya. Contohnya saja ada nama-nama tenar, seperti : Giovanni Trappatoni (Italia), Diego Maradona (Argentina), Diego Forlan (Uruguay), Ruben Baraja (Spanyol), Stefano Eranio (Italia), Sergio Conceicao (Portugal), atau Sergio Ramos (Spanyol). Saya tidak tahu mengapa orang tua mereka lebih suka nama-nama tersebut atau memang ada faktor historis tertentu yang menjadi alasannya.

Sebagai perbandingannya kita mengenal banyak nama orang Belanda yang berkecimpung di dunia sepak bola, seperti : Johan Cruyff, Wim Rijsbergen, Henk Wullems, Ruud Gullit, Frank Rijkard, Ronald Koeman, Edgar Davids, Clarence Seedorf, Edwin van der Sar, Mark van Bommel, Robin van Persie, Arjen Robben, atau Wesley Sneijder.

Sebagian besar nama depan mereka sangat khas Belanda, seperti : Johan, Wim, Henk, atau Ruud. Mungkin hanya Marco van Basten dan Rafael van der Vaart yang nama depannya beraroma Italia dan Spanyol, seperti halnya para pemain Belanda keturunan Indonesia. 

One comment

  1. Opini ini dimuat di BolaVaganza No.133 – November 2012.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: