h1

‘Barca-Madrid’ Diimbangi ‘Juventus Plus’

Juni 12, 2012

Pertandingan antara Spanyol dan Italia dalam penyisihan Grup C Euro 2012 berlangsung seru. Sang peraih trofi Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 harus puas bermain seri 1-1 dengan juara Piala Dunia 2006 yang sebenarnya sedang dirundung banyak masalah. Italia lebih dulu unggul melalui Antonio Di Natale (menit ke-61) dan disamakan oleh Spanyol lewat Francesc Fabregas (menit ke-64).

Satu hal menarik dari pertemuan kedua tim adalah dominasi para pemain dari sejumlah klub tertentu. Di kubu Spanyol, sembilan pemain intinya berasal dari dua klub raksasa : Barcelona dan Madrid. Gerard Pique, Sergio Busquets, Xavi Hernadez, Andres Iniesta, dan Francesc Fabregas dari Barca. Sementara itu Iker Casillas, Alvaro Arbeloa, Sergio Ramos, dan Xabi Alonso dari Madrid. Cuma dua pemain yang berasal dari klub lain, yaitu : Jordi Alba (Valencia) dan David Silva (Manchester City). Hal itu tentu tidak mengherankan mengingat Barca dan Madrid merupakan klub terbaik Spanyol saat ini. Meski gagal menjadi juara La Liga musim terakhir, Blaugranas telah meraih 14 trofi selama empat musim ditangani Pep Guardiola. Sementara itu Los Blancos adalah juara La Liga 2011/12 dengan sejumlah rekor hebat di bawah Jose Mourinho. Persaingan tajam kedua klub di Spanyol maupun Eropa -dalam dua musim terakhir- sempat mengkhawatirkan pelatih Vicente del Bosque maupun seluruh pendukung La Furia Roja, bahwa akan terjadi perpecahan di tubuh timnas. Namun nyatanya para pemain Barca dan Madrid mampu bersatu padu serta tampil cukup kompak di bawah bendera Spanyol.

Di kubu Italia, enam pemain intinya berasal dari Juventus, peraih scudetto 2011/12. Mereka adalah Gianlugi Buffon, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emanuele Giaccherini, Cladio Marchisio, dan Andrea Pirlo. Lima pemain lainnya berasal dari beragam klub, yaitu : Daniele De Rossi (AS Roma), Christian Maggio (Napoli), Thiago Motta (PSG), Antonio Cassano (AC Milan), Mario Balotelli (Manchester City). Dominasi pemain Juventus membuat Gli Azzuri di Euro 2012 layak dijuluki ‘Juventus Plus’. Terlepas dari masalah apa pun, pelatih Cesare Prandelli mampu memotivasi anak asuhnya untuk tampil luar biasa menghadapi ‘tiki-taka’ dari juara bertahan Piala Eropa.

Baik Spanyol maupun Italia diperkuat oleh mayoritas pemain yang bermain di liga negaranya masing-masing. Dari 11 pemain inti dan dua pemain pengganti La Furia Roja, hanya Silva (Man City) dan Fernando Torres (Chelsea) yang bermain di luar Spanyol. Sedangkan dari 11 pemain inti dan tiga pemain pengganti Gli Azzuri, hanya Motta (PSG) dan Balotelli (Man City) yang bermain di luar Italia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: