h1

Satu Dua Tim Perempat Finalis Euro 2012 yang Berbeda

Juni 23, 2012

Delapan tim terbaik melanjutkan langkahnya untuk menjadi tim terbaik Eropa di Polandia-Ukraina. Mereka yang tampil di babak perempat final Euro 2012 adalah Republik Ceska/Ceko, Portugal, Jerman, Yunani, Spanyol, Prancis, Italia, dan Inggris. Ada satu dua kejutan yang terjadi dengan tersingkirnya Rusia (Grup A) dan Belanda (Grup B).

Dua tim pun telah lolos ke semifinal. Portugal menang 1-0 atas Ceska, sementara Jerman unggul 4-2 atas Yunani. Kita masih menanti Spanyol/Prancis dan Italia/Inggris yang akan menyusul tampil di babak empat besar. Nah, di antara kedelapan tim perempat finalis, ternyata ada satu dua hal yang membedakan tim tersebut dengan peserta lainnya.

Satu-satunya

Pertama, Ceska adalah satu-satunya negara Eropa Timur yang lolos ke perempat final. Rusia, Polandia, Kroasia, dan Ukraina sudah terhenti langkahnya di babak penyisihan grup

Kedua, Yunani merupakan satu-satunya negara Eropa Tengah yang tampil di Euro 2012 dan lolos ke babak 8 besar pula. Selain Ceska dan Yunani, peserta babak 8 besar lainnya berasal dari Eropa Barat.

Yunani pun menjadi satu-satunya tim perempat finalis yang ditangani oleh pelatih asing, yaitu Fernando Santos yang berasal dari Portugal. Ketujuh tim lainnya dibesut oleh pelatih lokal.

Selanjutnya, Inggris merupakan satu-satunya tim 8 besar yang seluruh pemainnya bermain di liga negaranya sendiri. Sementara ketujuh tim lainnya memiliki sejumlah pemain yang bermain di luar negeri.

Inggris juga merupakan satu-satunya tim dengan sponsor kostum Umbro yang masih bertahan di Polandia-Ukraina. Irlandia dan Swedia yang sponsornya sama dengan Inggris sudah kandas lebih dulu.

Dua di antara delapan

Portugal dan Inggris merupakan dua di antara delapan tim yang belum pernah menjadi juara Piala Eropa.

Yunani dan Spanyol merupakan dua di antara delapan tim yang tidak diperkuat oleh pemain-pemain keturunan Afrika. Portugal, Prancis, dan Inggris sudah biasa melakukannya selama ini. Jerman belum terlalu lama memiliki pemain berdarah Afrika. Sementara itu Ceska dan Italia baru melakukannya di Euro 2012. Ceska memiliki Theodor Gebre Selassie (keturunan Ethiopia). Sementara itu di Italia terdapat Angelo Ogbonna (Nigeria) dan Mario Balotelli (Ghana).

Italia dan Prancis merupakan dua tim perempat finalis yang kostum utamanya berwarna biru. Selebihnya terdapat tiga tim putih (Jerman, Yunani, dan Inggris) dan tiga tim merah (Ceska, Portugal, dan Spanyol).

Portugal dan Prancis adalah dua tim dengan sponsor kostum Nike yang tersisa di Polandia-Ukraina. Tim Nike lainnya seperti Polandia, Belanda, Kroasia sudah pulang awal.

Hanya dua tim dengan sponsor kostum Puma yang tampil di Euro 2012, yaitu Ceska dan Italia. Keduanya berhasil melenggang ke babak perempat final. Selain dua tim Nike dan dua tim Puma, terdapat tiga tim Adidas (Jerman, Yunani, dan Spanyol) serta satu tim Umbro (Inggris) di antara para perempat finalis.

Akan terdapat komparasi lainnya ketika empat tim terbaik tampil di babak semifinal Euro 2012 nantinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: