h1

16 Pemain Spanyol Juara di Klub dan Timnas pada 2012

Juli 3, 2012

Keberhasilan Spanyol meraih trofi Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina menjadi kesuksesan ganda bagi sebagian besar pemainnya. Sebanyak 16 pemain dari total 23 anggota skuad La Furia Roja telah lebih dahulu merasakan gelar juara bersama klubnya masing-masing ketika melakoni musim 2011-2012. Iker Casillas, Alvaro Arbeloa, Sergio Ramos, Xabi Alonso, dan Raul Albiol berjaya bersama Real Madrid menjadi kampiun La Liga. Gerard Pique, Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Cesc Fabregas, Pedro Rodriguez, dan Victor Valdes meraih trofi Copa Del Rey di bawah panji Barcelona. Juanfran Torres di Atletico Madrid menjuarai Liga Europa. Fernando Torres dan Juan Mata berhasil meraih Piala FA dan trofi Liga Champion bersama Chelsea. David Silva merasakan juara Liga Premier Inggris dengan Manchester City. Praktis hanya Jordi Alba (Valencia), Santi Cazorla (Malaga), Jesus Navas (Sevilla), Alvaro Negredo (Sevilla), Javi Martinez (Athletic Bilbao), Fernando Llorente (Athletic Bilbao) , dan Pepe Reina (Liverpool) yang tidak sukses bersama klubnya musim ini. Hal itu setidaknya menunjukkan betapa besarnya mental juara yang dimiliki oleh La Furia Roja di Euro 2012.

Apalagi jika kita menyebut Vicente del Bosque sebagai arsitek tim juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 tersebut. Sebelum menangani Tim Matador, Del Bosque pernah sukses mempersembahkan dua gelar juara Liga Champion, dua trofi La Liga, dan sejumlah piala lainnya untuk Real Madrid. Layak sekali jika pelatih yang mirip tokoh komik Obelix itu disebut sebagai pelatih spesialis tim juara. Sebuah pernyataan menarik disampaikan oleh Del Bosque seusai membawa timnya meraih trofi di Polandia-Ukraina :
”Kita bicara mengenai sebuah generasi hebat sepak bola. Mereka memiliki akar, tahu bagaimana bermain bersama karena mereka datang dari sebuah negeri dimana mereka belajar bermain dengan selayaknya. Ini sebuah era hebat sepak bola Spanyol.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: