h1

Pemain Berdarah Ghana di Euro 2012

Juli 10, 2012

Di antara beberapa pemain keturunan Afrika yang memperkuat tim-tim yang berlaga di Euro 2012, ternyata ada sejumlah nama terkenal di tim unggulan yang berlatar belakang sama.

Mario Balotelli (Italia), Danny Welbeck (Inggris), dan Jerome Boateng (Jerman) merupakan para pemain Eropa berdarah Ghana yang berlaga di Polandia-Ukraina. Balotelli dan Welbeck merupakan anak kandung dari imigran Ghana yang lahir di negara barunya. Bedanya, Mario yang nama keluarga aslinya Barwah kemudian diadopsi oleh keluarga Balotelli yang asli Italia. Danny Welbeck sendiri tetap tinggal bersama keluarga sejatinya hingga kini.

Uniknya, tim yang diperkuat oleh Balotelli dan Welbeck bertemu di babak perempat final Euro 2012. Sebelumnya kedua pemain yang sama-sama lahir tahun 1990 tersebut sudah bersaing ketat di Liga Inggris. Balotelli bersama Manchester City sukses menjadi juara liga mengalahkan Manchester United, tim yang diperkuat oleh Welbeck

Sementara itu Jerome Boateng memiliki ayah berkebangsaan Ghana dan ibu Jerman. Uniknya, Kevin-Prince Boateng yang merupakan saudara seayah Jerome memilih memperkuat timnas Ghana, meski pernah menjadi bagian dari timnas junior Jerman.

Kehadiran Balotelli dan Angelo Ogbonna (berdarah Nigeria) menjadi sejarah baru bagi timnas Italia yang untuk pertama kalinya diperkuat oleh para pemain berkulit hitam dalam turnamen resmi FIFA tingkat senior. Hal itu terjadi pula pada Republik Ceska yang kini memiliki Theodor Gebre Selassie yang merupakan pemain keturunan Ethiopia.

* Opini ini dimuat di rubrik Interaktif majalah Bolavaganza No.129/Juli 2012

Catatan tambahan :
Tim yang diperkuat Balotelli (Italia) berhasil mengalahkan tim Welbeck (Inggris) di babak perempat final Euro 2012 melalui adu penalti. Selanjutnya Mario Balotelli bertemu dengan Jerome Boateng –sebagai sesama pemain berdarah Ghana- ketika Italia melawan Jerman di babak semifinal. Hasilnya Italia unggul 2-1 atas Jerman dengan dua gol diborong oleh Balotelli.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: