h1

Pencetak Gol Terbanyak Didominasi Striker Asing

Juli 21, 2012

Membahas pencetak gol paling subur Liga Super Indonesia (LSI) musim ini, hasilnya cukup memprihatinkan bagi para penyerang lokal. Dari sepuluh besar pencetak gol terbanyak, nama striker asing sangat dominan. Tercatat hanya dua pemain naturalisasi, Greg Nwokolo (Pelita Jaya) dan Christian Gonzales (Persisam) yang masuk dalam daftar tersebut.

Padahal pada LSI 2010/11 lalu, peraih sepatu emas adalah Boaz Solossa (Persipura), seorang penyerang Indonesia. Cederanya Boaz musim 2011/12 ternyata tidak diimbangi dengan mencuatnya prestasi striker-striker lokal. Gol-gol yang dicetak Bambang Pamungkas, Patrich Wanggai, Airlangga Sucipto, atau Jajang Mulyana tidak cukup untuk menembus 10 besar.

Barangkali sudah saatnya dilakukan pengurangan pemain asing untuk Liga Indonesia selanjutnya, apa pun namanya nanti. Jika selama sekian musim terakhir setiap klub boleh memiliki lima pemain asing, maka mulai musim depan cukup tiga atau empat pemain asing. Hal itu untuk memberikan kesempatan yang lebih lapang bagi para pemain lokal untuk berkembang. Terutama untuk posisi penyerang yang masih saja didominasi oleh para pemain asing.

* Opini ini dimuat di BOLA Edisi 2.379/2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: