h1

Soal Timnas, Komite Bersama Mesti Tegas

Agustus 26, 2012

Komite Bersama yang diharapkan bisa menjadi pintu terbuka menuju jalan keluar dari permasalahan yang menyelimuti sepak bola Indonesia ternyata masih belum memutuskan apa-apa. Untuk menentukan waktu rapat saja sepertinya mereka susah sekali. PSSI Djohar Arifin, yang merasa masih mendapat legitimasi dari AFC dan FIFA, tetap mempersiapkan timnas dengan pelatih Nil Maizar dengan materi pemain seadanya dari klub-klub IPL. Klub-klub ISL mencoba bersikap konsisten untuk tidak lagi mengakui kepemimpinan Djohar Arifin dan hanya mendukung PSSI La Nyalla Matalitti. Oleh karena itu, wajar saja jika para pemain klub ISL yang dipanggil PSSI Djohar Arifin tidak diperkenankan untuk bergabung dalam pelatnas di bawah Nil Maizar. PSSI La Nyalla berencana membentuk timnas sendiri untuk mengakomodasi para pemain ISL. Dualisme timnas akan menjadi buah pahit yang kembali dipetik dari konflik PSSI yang tak berkesudahan.

Sebenarnya hal itu tak perlu terjadi, jika Komite Bersama segera bertemu dan memutuskan hal-hal yang penting. Mereka tak perlu ragu mengambil alih pengelolaan timnas Piala AFF 2012 untuk sementara, sebagai jalan tengah atas segala perbedaan yang ada. Kita mungkin masih ingat bahwa pada tahun 2011 lalu, Satlak Prima KONI sempat mengambil alih pengelolaan timnas U-23 yang sedang dipersiapkan menuju SEA Games 2011, termasuk dengan menunjuk pelatih Rahmad Darmawan. Ketika itu PSSI Nurdin Halid telah dibekukan oleh Menpora Andi Malarangeng dan AFC/FIFA kemudian memutuskan membentuk Komite Normalisasi PSSI.
Demi persatuan Indonesia, Komite Bersama harus mengedepankan semangat kebersamaan dan tak perlu takut mengambil langkah apa pun demi menyelamatkan masa depan sepak bola nasional.

* Opini ini (versi edit) dimuat di BOLA Edisi 2.392/2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: