h1

Bintang Nomor 21 Juventus

November 9, 2012

Keberhasilan Juventus meraih gelar scudetto musim 2011/12 dengan rekor tak pernah kalah mengorbitkan kembali nama Andrea Pirlo. Hijrah dari AC Milan karena dianggap sudah habis, Pirlo justru sukses menjadi nyawa permainan Bianconeri dan membuat kubu Rossoneri menyesal telah melepasnya begitu saja. Salah satu yang khas dari pemain Italia tersebut adalah kostum nomor 21 yang dikenakannya.

Di masa lalu tersebutlah bintang La Vecchia Signora yang juga menggunakan nomor 21, yaitu Zinedine Zidane. Pemain Prancis tersebut memperkuat Juventus sepanjang musim 1996-2001 dan mempersembahkan dua gelar juara Serie A (1996/97 dan 1997/98).

Zidane dan Pirlo seolah memiliki benang merah. Mereka memakai nomor kostum yang sama, menjadi pengatur serangan tim (meski berbeda tipe permainan) yang perannya sangat signifikan ketika Juventus berjaya. Uniknya, mereka sama-sama pernah meraih gelar Liga Champion bersama klub lain dan menjadi juara Piala Dunia bersama negaranya masing-masing. Zidane menggapai trofi Liga Champion 2001/02 bersama Real Madrid dan juara Piala Dunia 1998 bersama Prancis. Pirlo menjuarai Liga Champion 2002/03 dan 2006/07 bersama Milan serta kampiun Piala Dunia 2006 bersama Italia.

Tampaknya Pirlo masih akan memberikan trofi selanjutnya bagi Bianconeri. Pemain nomor 21 Juventus akan dikenang publik pernah menjadi milik dua maestro, Zinedine Zidane dan Andrea Pirlo.

* Opini ini dimuat di SOCCER Edisi 19/2012.

One comment

  1. Opini ini dimuat pula di BolaVaganza No.134 – Desember 2012.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: