h1

Timnas Indonesia Tak Layak Berjaya

Desember 3, 2012

Akhirnya langkah timnas Indonesia terhenti di babak penyisihan grup Piala AFF 2012. Hasil tersebut sebenarnya sudah bisa diprediksi oleh banyak pihak sebelumnya, jika mengingat berjuta masalah yang mewarnai proses pembentukan tim asuhan Nilmaizar.

Sebuah tim nasional yang mewakili bangsa dan negara, namun dibangun dengan arogansi kekuasaan dan mengabaikan asas kebersamaan, asas musyawarah untuk mufakat, sekaligus sila Persatuan Indonesia, memang tidak layak berjaya. Menafikan potensi anak bangsa yang sejatinya lebih pantas membela Skuad Garuda juga merupakan pertanda betapa tidak bersyukurnya PSSI Djohar Arifin terhadap karunia Ilahi. Mereka pun telah melupakan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, kendati berbeda tapi satu jua.

Sesudah prestasi terburuk di Piala AFF terpatri, semoga saja Djohar Arifin dkk lebih mawas diri dan sudi merendahkan hati untuk kembali bekerja sama dengan pihak-pihak yang selama ini terus-menerus mereka kecewakan, demi memperbaiki prestasi sepak bola nasional. Namun jika mereka tetap enggan untuk membangun kebersamaan dan lebih suka terus bertikai, maka mungkin pilihan terbaik bagi Djohar Arifin dkk adalah turun dari kursi pengurus PSSI dan memberi kesempatan kepada pihak lain yang lebih berkompeten mengurus sepak bola di negeri ini. Toh, ada mekanisme Kongres Luar Biasa PSSI untuk memilih pemimpin yang baru.

* Opini ini dimuat di BOLA Edisi 2.436/2012.

malaysiajoss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: