h1

Sponsor Kostum Lokal Dominan

Januari 28, 2013

Ada hal yang menarik ketika kita menaruh perhatian pada kostum tim peserta Indonesia Super League atau Liga Super Indonesia (LSI) 2013. Ternyata ada lebih banyak sponsor apparel yang merupakan produk perusahaan lokal ketimbang merek dari luar negeri.

barito vs arema

Tersebutlah nama Specs, League, Ultras, dan Bold. Specs menyediakan kostum untuk Persipura, Persiba, dan Barito Putera. League dipakai oleh Persija dan Persib. Ultras digunakan oleh Arema dan Persiwa. Bold menjadi sponsor Persisam. Selain itu, ada pula kostum produk dalam negeri tanpa merek, seperti yang dikenakan oleh Mitra Kukar, Persidafon, dan Persiram.

persib-vs-persipura

Merek apparel internasional di LSI menyisakan nama Joma (Sriwijaya FC, PSPS, Pelita Bandung Raya, Gresik United, dan Persepam MU), Mitre (Persita), dan Diadora (Persela). Semoga ada lebih banyak perusahaan nasional yang mendukung berlangsungnya LSI, tidak sekadar menjadi sponsor kostum tim pesertanya.

Harapan kita untuk LSI adalah lebih banyak menghasilkan pemain lokal berbakat yang dapat menjadi andalan timnas Indonesia. Dan semoga di masa mendatang tidak ada lagi PSSI yang menyia-nyiakan potensi besar sepak bola di negeri ini, sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Djohar Arifin dkk.

* Opini ini dimuat di BOLA Edisi 2.460/2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: