h1

Madrid Nirgelar, Mourinho Hengkang Tinggalkan Teka-Teki

Mei 22, 2013

Akhirnya Real Madrid mengakhiri musim 2012/13 tanpa gelar juara apa-apa. Sesudah trofi Liga Primera direbut Barcelona, Madrid dikandaskan Borussia Dortmund di semifinal Liga Champion, dan takluk dari Atletico Madrid dalam final Copa del Rey. Jose Mourinho mesti mengakui bahwa dirinya menjadi pecundang sesudah tiga musim menangani Los Blancos. Kekalahan 1-2 dari Atletico meninggalkan kesan yang buruk karena bertanding di Santiago Bernabeu, Mourinho dan Cristiano Ronaldo diusir wasit, serta memastikan Madrid hampa trofi musim ini.

Kegagalan tahun ini tampaknya membuat hasrat Mourinho untuk meninggalkan Madrid mendapat jalan yang lapang. Sebelum musim 2012/13 berakhir, The Special One telah berkali-kali memberi pertanda akan kembali melatih di Liga Primer Inggris. Chelsea disebut-sebut menjadi kandidat terkuat klub Mourinho berikutnya, tempat ia pernah sukses bertahun silam. Terjadinya konflik internal antara sang pelatih dengan sejumlah pemain senior, terutama Iker Casillas, mengakibatkan suasana tim tak lagi kondusif dan membuat geram pendukung Los Merengues. Respek kepada Mourinho ketika mempersembahkan gelar juara Copa del Rey (2010/11), Liga Primera (2011/12), dan Piala Super Spanyol (2012) telah berangsur meluntur, baik dari pemain maupun suporter. Namun mestinya apresiasi serta ucapan terima kasih tetap layak diberikan kepada Jose Mourinho yang pernah membawa kejayaan bagi Real Madrid sepanjang masa kepemimpinannya.

mourinho pergi

Bagi tim sebesar Madrid tampaknya tak terlalu sulit untuk memilih pelatih terbaik siapa pun yang diharapkan membawa tim kembali meraih gelar juara musim mendatang. Namun apakah ia mampu memenuhi harapan pemilik klub? Yang jelas, selama ini sudah banyak pelatih bernama besar yang gagal dan hanya sekejab melatih Madrid karena senantiasa diharapkan meraih keberhasilan instan.

Yang mungkin menjadi kekhawatiran pencinta Madrid pula, siapakah para pemain yang bakal hijrah menyusul hengkangnya Mourinho? Apakah Cristiano Ronaldo masih akan menjadi bagian Los Galacticos musim mendatang bersama pelatih barunya? Kepergian Mourinho dipastikan meninggalkan sejumlah teka-teki di kubu Real Madrid.

* Opini ini dimuat di BolaVaganza No.140 – Juni 2013.

One comment

  1. Reblogged this on suhaylanyacavalera.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: