h1

Menelaah Perjumpaan Indonesia dan Belanda

Juni 10, 2013

Perjumpaan Indonesia dan Belanda dalam pertandingan persahabatan internasional yang berlangsung di SUGBK Jakarta pada Jumat, 7 Juni 2013, merupakan sejarah baru bagi persepakbolaan Indonesia. Media massa pun melakukan liputan yang tidak biasa ketimbang laga timnas sebelumnya. Bagaimanapun, dalam sejarah bangsa kita akan selalu tercatat bahwa Indonesia pernah dijajah begitu lama oleh Belanda. Namun tidak boleh dilupakan pula bahwa orang Indonesia mengenal sepak bola dari orang Belanda. Dan mesti diakui, sepak bola merupakan olah raga yang paling banyak penggemarnya di negara kita. Pertemuan Tim Garuda dan Tim Oranye pun menjadi istimewa karena baru pertama kali terjadi sejak Indonesia merdeka pada 1945. Menjadi kian menarik karena timnas Indonesia saat ini diperkuat oleh sejumlah pemain naturalisasi asal Belanda, yaitu Raphael Maitimo dan Sergio van Dijk.

8634ae3c-4b0b-4385-8e5d-ba26f9551a5a_Indonesia-vs-Belanda2_ismar_patrizki

Memang tidak salah jika perbandingan antara Tim Garuda dengan Tim Oranye ibarat bumi dan langit. Dari peringkat FIFA terakhir (Mei 2013), Indonesia berada di peringkat 170, sementara Belanda merupakan tim nomor sembilan dunia. Materi pemain yang dimiliki Belanda saat ini merupakan pemain-pemain papan atas tingkat dunia, seperti : John Heitinga, Wesley Sneijder, Arjen Robben, dan Robin van Persie. Robben merupakan salah pemain kunci Bayern Muenchen mencetak prestasi “treble winner” di Eropa, sementara Van Persie membawa Manchester United menjuarai Liga Premier Inggris sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak liga musim 2012/13.

b62fccf5-6390-4b03-bc84-ad40dd13eb90_Indonesia-vs-Belanda5_ismar_patrizki

Pertandingan Indonesia versus Belanda merupakan debut pelatih Jacksen F. Tiago menangani timnas. Bukan hal yang mudah bagi Jacksen untuk meraih hasil bagus ketika dalam tugas perdananya mesti langsung menghadapi tim yang diasuh oleh Louis van Gaal. Kita mengerti benar reputasi Van Gaal yang pernah menangani tim-tim besar Eropa, seperti : Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Bayern Muenchen. Ia pernah meraih juara Liga Champion bersama Ajax dan saat ini merupakan kesempatan keduanya melatih Tim Oranye. Van Gaal kembali ditunjuk sebagai pelatih Belanda setelah kegagalan tim asuhan Bert van Marwijk di Euro 2012.

f87e2507-2a22-4c8d-a44e-967583401186_000_Del6222820

Ketika akhirnya Indonesia kalah 0-3 dari Belanda, tampaknya bukan hasil yang terlalu buruk mengingat perbedaan kelas kedua tim. Apalagi masa persiapan Boaz dkk hanya berlangsung kurang dari sepekan. Gawang Tim Garuda memang sempat perawan pada babak pertama, namun akhirnya kebobolan juga pada babak kedua. Van Persie yang bertindak sebagai kapten dan Sneijder tidak mampu menaklukkan Kurnia Meiga, namun akhirnya Siem de Jong yang baru turun pada menit ke-46 sukses mencetak dua gol sundulan. Robben yang menjadi kapten -menggantikan Van Persie- menyempurnakan keunggulan Tim Oranye lewat sebuah gol indah. Namun bagaimanapun, apresiasi tetap layak diberikan kepada para pemain Indonesia dan debut Jacksen bersama timnas –meski kalah- tidaklah terlalu mengecewakan.

f3605f93-8234-4f48-b41c-353abc8f3f48_Indonesia-vs-Belanda7_ismar_patrizki

Timnas Indonesia -yang mengenakan kostum putih hijau- pasti mendapat banyak pelajaran berharga dari Belanda, tidak sekadar puas mendapat kenang-kenangan berupa kaos berwarna oranye. Pengalaman menghadapi tim papan atas dunia akan berguna ketika Tim Garuda menjalani pertandingan-pertandingan berikutnya, terutama dalam lanjutan Pra-Piala Asia 2015. Masih ada waktu bagi Jacksen dan para asistennya untuk memoles anak asuhnya agar tampil lebih baik di masa mendatang. Mungkin waktu latihan menjelang laga selanjutnya bisa lebih lama dibandingkan kemarin agar adaptasi antar-pemain dapat lebih solid dan rapi.

51b22aaf068a5

Materi Indonesia saat menghadapi Belanda (7/6) :
1.Kurnia Meiga; 4.Ricardo Salampessy/3.Zulkifli, 5.Victor Igbonefo, 16.M.Roby, 6.Toni Sucipto/18.Hendro Siswanto; 8.Raphael Maitimo, 15.A.Jufriyanto/2.Ruben Sanadi, 14.Manu Wanggai/19.A.Bustomi; 7.Boaz Solossa (k), 9.Sergio van Dijk/13.Ian Kabes, 10.Greg Nwokolo/21.Andik Vermansah.

laga indonesia-vs-belanda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: