h1

Kemenangan Itu Akhirnya Tiba Jua

Agustus 15, 2013

Setelah lama dinantikan hadirnya, timnas Indonesia akhirnya mampu kembali meraih kemenangan dengan mengalahkan Filipina 2-0. Pertandingan persahabatan antara sesama negara Asia Tenggara tersebut berlangsung pada Rabu, 14 Agustus 2013 di Stadion Manahan Solo. Terakhir kali Tim Merah Putih menang adalah saat menundukkan Singapura 1-0 pada Piala AFF 2012 pada 28 November 2012. Lima pertandingan resmi berikutnya selalu berakhir dengan kekalahan, baik saat timnas dilatih oleh Nilmaizar (tiga laga), Rahmad Darmawan (satu laga), maupun Jacksen F. Tiago (satu laga). Selain itu ada pula tiga pertandingan tidak resmi ketika menjamu klub-klub Liga Inggris yang juga tak pernah bisa dimenangi pada Juli 2013.

indonesia menang

Kemenangan Pertama
Kemenangan Indonesia atas Filipina mencatatkan sejumlah sejarah. Laga tersebut menjadi kemenangan pertama Jacksen saat menangani timnas Indonesia, sekaligus kemenangan pertama Skuat Garuda pada tahun 2013. Pertandingan di Solo juga menjadi debut yang manis bagi Stefano Lilipaly, pemain naturalisasi asal Belanda. Dalam pertandingan perdananya, Fano bermain cukup impresif dan memberikan umpan cantik bagi Greg Nwokolo yang menghasilkan gol pada menit ke-31. Gol kedua diciptakan lewat sundulan Muhammad Roby memanfaatkan tendangan sudut dari Ahmad Bustomi pada menit ke-66. Greg dan Roby sukses menyumbang gol pertamanya bagi timnas. Menghadapi tim lawan dengan kualitas yang tidak jauh berbeda membuat permainan anak asuhan Jacksen lebih berkembang. Mudah-mudahan peringkat Indonesia di FIFA (169) bulan depan bisa meningkat karena mampu mengalahkan Filipina (141) yang posisinya lebih baik di klasemen negara anggota FIFA edisi September 2013 mendatang.

Momentum Lebaran dan Hari Kemerdekaan
Hanya sekitar sepekan sehabis umat Islam di Indonesia merayakan Lebaran yang identik dengan hari kemenangan, timnas pun merayakan kemenangan pertamanya setelah berpuasa -tidak mampu meraih kemenangan- selama lima pertandingan (plus tiga laga tak resmi) berurutan. Publik pencinta sepak bola di tanah air pastilah menyambut gembira kemenangan tersebut. Apalagi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 pun ada di depan mata. Kemenangan Tim Merah Putih menjadi kado yang indah untuk segenap bangsa Indonesia. Kepercayaan diri Boaz Solossa dkk diharapkan dapat meningkat seiring hasil positif tersebut. Semoga pada pertandingan selanjutnya performa timnas kian membaik, baik dalam uji coba maupun dalam Kualifikasi Piala Asia 2015 yang merupakan target utama sesungguhnya.

Lokasi Pertandingan
Hanya sayangnya, lokasi pertandingan Indonesia versus Filipina memiliki kualitas lapangan yang kurang bagus. Kendati pada sisi yang lain, dukungan suporter Merah Putih yang memadati Stadion Manahan memang mesti diacungi jempol dengan berbagai atraksinya yang menarik. Masih banyak stadion sepak bola di negeri ini yang sesungguhnya memiliki kualitas lapangan lebih baik ketimbang di Solo. Jadi, lain kali timnas mungkin bisa dijadwalkan bertanding di Stadion Maguwoharjo Sleman, Si Jalak Harupat Soreang, Jakabaring Palembang, Aji Imbut Tenggarong, atau stadion lainnya, sehingga tidak hanya warga Jakarta dan sekitarnya yang memiliki kesempatan mendukung langsung penampilan Skuat Garuda di dalam stadion.

Indonesia-Vs-Filipina

Susunan pemain Indonesia ketika menghadapi Filipina (14/8) :
I Made Wirawan; Hasim Kipuw/Yustinus Pae, Victor Igbonefo, M.Roby, Ruben Sanadi; M.Taufiq/Andik Vermansah, Raphael Maitimo, Stefano Lilipaly/Slamet Nurcahyo, Ahmad Bustomi/Vendry Mofu; Boaz Solossa (k)/Patrich Wanggai, Greg Nwokolo/Titus Bonai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: