h1

Kejutan Transfer Awal September

September 4, 2013

FBL-ESP-GBR-REALMADRID-BALE

Proses jendela transfer antarpemain liga-liga Eropa telah resmi ditutup pada 2 September 2013. Gareth Bale jadi bergabung ke Real Madrid, sebagaimana yang sudah diperkirakan sebelumnya. Nilai transfer Bale dari Tottenham Hotspur masih menjadi bahan perdebatan di media massa Spanyol dan Inggris, antara 91 juta atau 100 juta euro. Jika benar sampai 100 juta euro berarti telah memecahkan rekor transfer Cristiano Ronaldo sebesar 94 juta euro dari Manchester United menuju Madrid pada tahun 2009.

kaka back to milan

Namun selain itu, terdapat sejumlah perpindahan pemain yang terbilang mengejutkan. Kehadiran Bale ternyata diikuti dengan kepergian dua gelandang andalan Madrid, Mesut Oezil dan Ricardo Kaka. Oezil dijual ke Arsenal seharga 50 juta euro atau 44 juta pound, yang merupakan rekor pembelian tertinggi The Gunners sepanjang masa. Sementara itu Kaka kembali ke klub lamanya AC Milan tanpa biaya. Sebelum mendatangkan Kaka, Rossoneri telah menjual Kevin-Prince Boateng ke Schalke 04 dan membeli Alessandro Matri dari Juventus.

fellaini manutd

Kejutan lainnya adalah keberhasilan Manchester United merekrut Marouane Fellaini dengan harga 28 juta pound. Gelandang kribo asal Belgia itu pun kembali bekerja sama dengan David Moyes, mantan pelatihnya di Everton yang kini menangani United. Everton sendiri membeli James McCarthy (Wigan) serta meminjam Gareth Barry (Manchester City) dan Romelu Lukaku (Chelsea). Sebelumnya, Chelsea telah merekrut Willian (Shaktar Donetsk) dan Samuel Eto’o (Anzhi Makachkala) menjelang penutupan jendela transfer. Liverpool, yang menjadi pemuncak klasemen Liga Primer Inggris pada pekan ketiga dengan rekor kemenangan 100% tanpa kebobolan, kedatangan sejumlah pemain baru seperti Mamadou Sakho (PSG) dan Victor Moses (Chelsea), kemudian melepas antara lain Fabio Borini (Sunderland).

Sementara itu, dua nama superstar yang disebut-sebut sudah tidak kerasan dan sempat ingin hijrah, Wayne Rooney (Manchester United) dan Luis Suarez (Liverpool), ternyata akhirnya memilih tetap tinggal bersama klubnya masing-masing.

Mayoritas pemain baru tersebut mesti bersabar dan belum akan segera bermain untuk klub barunya karena minggu kedua September 2013 merupakan jadwal resmi FIFA untuk laga antarnegara. Namun akhir pekan lalu, Kevin-Prince telah bermain cemerlang saat Schalke mengalahkan Leverkusen 2-0 (31/8) dan Matri sempat turun sebagai pemain pengganti ketika Milan menang atas Cagliari 3-1 (1/9). Kita masih menantikan debut pemain anyar lainnya pada pekan mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: