h1

Final ISG Jadi Modal Timnas U-23 Juara SEA Games

September 30, 2013

Timnas Indonesia U-23 tampil dalam partai puncak Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang pada Minggu malam, 29 September 2013. Lawan yang dihadapi di final adalah Maroko yang pernah dikalahkan 1-0 pada laga pertama penyisihan Grup B. Stadion Jakabaring yang begitu sepi pengunjung dalam pertandingan sebelumnya, mendadak kembali dipenuhi ribuan penonton yang siap mendukung perjuangan Tim Merah Putih. Alfin Tuasalamony berhasil membuat Indonesia lebih dahulu unggul 1-0 lewat titik penalti pada awal babak pertama. Sayangnya, tim lawan berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak dua gol di babak kedua dan akhirnya Maroko menang 2-1.

indo-maroko-2-130929c

Secara teknis, Maroko yang diwakili oleh timnas U-20-nya memang masih berada di atas timnas U-23 kita. Buktinya, mereka mampu mendominasi permainan sepanjang 90 menit pertandingan. Setelah babak pertama laga berlangsung nyaris seimbang, pada babak kedua Indonesia justru ditekan habis-habisan oleh Maroko. Permainan tim tuan rumah pun tak bisa berkembang.

Secara non-teknis, pergantian celana tampaknya membawa keberuntungan tersendiri bagi tim asal Afrika itu. Sesudah babak pertama tampil dengan kostum serba putih, di babak kedua Maroko ternyata mengganti celana putihnya dengan warna hijau. Secara kebetulan, pada 45 menit kedualah mereka baru bisa membuat gol yang menghasilkan medali emas cabang sepak bola ISG 2013.

indo-maroko andik v

Gagal di babak final ISG dan hanya mengantungi medali perak memang mengecewakan. Prestasi juara yang diukir timnas U-19 di Piala AFF sepekan sebelumnya gagal dilanjutkan oleh timnas U-23. Bulan September pun tidak sepenuhnya ceria.

Namun mesti diingat bahwa ajang sesungguhnya bagi tim asuhan Rahmad Darmawan adalah SEA Games yang berlangsung bulan Desember 2013 nanti di Myanmar. Mengikuti ISG dengan menghadapi tim-tim semacam Maroko, Palestina, dan Turki justru menjadi pengalaman yang diharapkan menjadi modal berharga bagi Kurnia Meiga dkk ketika melawan Malaysia, Thailand, dan tim Asia Tenggara lainnya di SEA Games mendatang. Tidak hanya memperoleh pengalaman mengikuti turnamen, tapi timnas pun dapat merasakan atmosfir pertandingan tanpa dukungan penonton, sebagaimana yang terjadi dalam dua pertandingan grup dan laga semifinal ISG. Kemenangan lewat adu penalti dalam babak semifinal saat menghadapi Turki juga dapat menguatkan mental timnas saat berlaga di Myanmar.

Sejumlah laga uji coba masih diperlukan dalam dua bulan ke depan dan diharapkan makin mematangkan permainan Andik Vermansah dkk demi menghadapi turnamen yang sesungguhnya dengan target juara. Semoga saja Skuat Garuda Muda kembali berlaga di partai puncak dan nasib baik memihak kita, sehingga medali emas SEA Games 2013 Myanmar berada dalam genggaman para pemain Indonesia.

Materi timnas Indonesia U-23 sepanjang ISG 2013
Penyisihan Grup B
Vs Maroko (19/9) 1-0 (gol : Fandi Eko Utomo)
Kurnia Meiga (k); Alfin Tuasalamony, Andri Ibo, Manahati Lestusen, Diego Michiels; Dedi Kusnandar, David Laly; Ramdani Lestaluhu, Syamsir Alam/Andik Vermansah, Bayu Gatra/Seftia Hadi; Aldaer Makatindu/Fandi Eko Utomo

Vs Palestina (25/9) 1-2 (gol : Sunarto/penalti)
Andritany (k); Alfin Tuasalamony, Manahati Lestusen, Syahrizal, Alfarizi; Syahroni, Rasyid Bakri/Dedi Kusnandar; Sunarto, Fandi Eko Utomo, Okto Maniani/Andik Vermansah; Agung Supriyanto

Semifinal
Vs Turki (27/9) 7-6 (adu penalti : Alam, Diego, Lestusen, Alfin, Fandi, Bayu, Dedi  masuk; Sunarto  gagal)
Kurnia Meiga (k); Alfin Tuasalamony, Andri Ibo, Manahati Lestusen, Diego Michiels; Dedi Kusnandar, David Laly/Syahroni; Andik Vermansah/Sunarto, Ramdani Lestaluhu/Fandi Eko Utomo, Bayu Gatra; Syamsir Alam

Final
Vs Maroko (29/9) 1-2 (gol : Alfin Tuasalamony/penalti)
Kurnia Meiga (k); Alfin Tuasalamony, Andri Ibo, Manahati Lestusen, Diego Michiels; Dedi Kusnandar, Rasyid Bakri/Okto Maniani; Andik Vermansah, Ramdani Lestaluhu/Agung Supriyanto, Bayu Gatra; Sunarto/Fandi Eko Utomo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: