h1

Bintang Nomor 11 Madrid dan Barca

Oktober 24, 2013

Laga antara Real Madrid melawan Barcelona yang lebih kondang disebut El Clasico selalu menarik dibicarakan. Persaingan kedua tim tersebut dalam meraih kejayaan memang seolah tiada mengenal kata akhir. Pada musim 2013/14, kedua klub terbaik Spanyol tersebut sama-sama ditangani oleh arsitek baru. Madrid dilatih oleh Carlo Ancelotti, pelatih asal Italia yang pernah sukses bersama sejumlah klub Eropa, seperti AC Milan, Chelsea, dan PSG. Barca dilatih oleh Gerardo ‘Tata’ Martino, pelatih asal Argentina yang baru pertama kalinya menangani klub Eropa. Racikan kedua pelatih tersebut bakal mengundang rasa penasaran penggemar kedua klub, apalagi mereka belum pernah bertemu biarpun sekali saja.

gareth-bale-sprint-in-real-madrid-2013-2014

Selain itu, Los Blancos maupun Azulgrana pun kedatangan sejumlah pemain baru. Madrid lebih banyak membeli pemain, seperti Dani Carvajal, Assier Ilarramendi, dan Isco. Namun yang paling fenomenal adalah bergabungnya Gareth Bale ke Madrid dan Neymar Junior ke Barcelona. Kedua pemain tersebut merupakan pembelian termahal klub masing-masing musim ini. Nilai transfer Bale bahkan dikabarkan menjadi yang termahal sepanjang sejarah perpindahan pemain antarklub sepak bola.

El Clasico musim ini dipastikan tetap berlangsung seru. Baik Bale maupun Neymar secara kebetulan sama-sama mengenakan kostum bernomor 11 di tim anyarnya. Cukup beralasan ketika publik sepak bola meragukan eksistensi mereka mengingat Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih menjadi aktor utama Madrid maupun Barca musim ini. Bale dan Neymar jelas mesti bekerja keras menunjukkan sinarnya ketika sudah ada bintang yang begitu cemerlang di tim baru mereka. Proses adaptasi menjadi kata kunci yang penting agar mereka dapat lekas menyatu dan memiliki kontribusi positif dalam tim.

MALASIA 13/14 BARCELONA 13/14 AMISTOSO

Bale sudah langsung mencetak satu gol dalam debutnya di La Liga pada 14 September 2013, ketika Madrid bertandang ke kandang Villareal. Sementara itu, Neymar telah mencetak gol pertamanya ke gawang Atletico Madrid pada 21 Agustus 2013, saat laga pertama Piala Super Spanyol. Sayangnya, hingga pekan ke-9 Neymar baru membuat dua gol sejak pekan ke-6, sementara Messi telah membakukan delapan gol.

Bale-and-Ronaldo1

Namun perjalanan kompetisi sepak bola di Spanyol dan Eropa masihlah panjang. Masih banyak waktu bagi Bale dan Neymar, kedua pemain bintang bernomor 11 milik Madrid maupun Barcelona. Apakah mereka akhirnya mampu tampil cemerlang atau hanya berada di bawah bayang-bayang bintang kejora bernama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi? Gelar juara bagi tim maupun koleksi gol atau umpan/assist yang tercatat pada pengujung musim kiranya dapat menjadi parameter yang cukup adil untuk menilai kapasitas mereka berdua.

lionel-messi-dan-neymar-2013-2014

* Opini ini dimuat di BolaVaganza No.144 – Oktober 2013.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: