h1

Efek Ketiadaan CR7 dan Messi

November 30, 2013

Real Madrid dan Barcelona sama-sama menjalani laga di Eropa tanpa bintang utamanya. Madrid tanpa Cristiano Ronaldo, sementara Barca tanpa Lionel Messi. Menghadapi klub-klub La Liga, kedua tim raksasa tidak menemui masalah berarti. Pada Sabtu (23/11), Los Blancos menang 5-0 atas Almeria – ketika Ronaldo harus ditarik keluar karena cedera, sedangkan Azulgrana mengalahkan Granada 4-0. Barca masih menjadi pemimpin klasemen La Liga Primera dengan poin 40, diikuti Atletico Madrid (37) dan Real Madrid (34).

bale madrid gala

Namun Madrid dan Barca bernasib berbeda ketika bermain di Liga Champion. Tim asuhan Carlo Ancelotti menang 4-1 atas Galatasaray di Santiago Bernabeu pada Rabu (27/11). Di sisi lain, tim besutan Gerardo Martino justru kalah 1-2 dari Ajax Amsterdam di Amsterdam Arena pada Selasa (26/11).

Ada hal menarik dari kemenangan Madrid. Selain tampil tanpa CR7, Madrid bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-28 karena Sergio Ramos mendapatkan kartu merah. Tapi tim yang sedang berambisi meraih trofi Eropa ke-10 tersebut tetap mampu mengandaskan tamunya. Gareth Bale, Alvaro Arbeloa, Angel di Maria, dan Isco masing-masing menyumbang satu gol bagi keunggulan Los Blancos.

Kekalahan Barcelona dari Ajax sebenarnya tidak berpengaruh terhadap posisi juara bertahan Liga Spanyol tersebut dari pucuk klasemen Grup H Liga Champion. Namun tetap saja hal itu menjadi noda tersendiri karena merupakan kekalahan pertama Barca musim ini. Tidak sekadar kehilangan Messi, Barca juga tampil tanpa Victor Valdes, Dani Alves, Jordi Alba, dan Alexis Sanchez yang biasa menghuni tim inti.

?????????

Madrid tidak terlalu kehilangan kekuatannya karena hanya kehilangan Cristiano Ronaldo. Bale dan Di Maria mampu menggantikan posisi winger asal Portugal tersebut dengan apik. Tapi efek ketiadaan Messi lebih besar bagi Barca karena sejumlah pemain inti lainnya juga terpaksa absen. Oleh karena itu, bulan Desember 2013 menjadi kesempatan terbaik Bale dkk untuk memenangkan seluruh laga, senyampang Neymar dkk tidak dalam kondisi 100%. Jika Barca tidak waspada, Madrid bakal lekas menyusul dan bahkan dapat menjungkalkannya dari posisi nomor satu di klasemen La Liga.

* Opini ini dimuat di Harian BOLA Senin, 2 Desember 2013 dengan judul ‘Kala Sang Bintang Absen’.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: