h1

Asa Terciptanya Desember Ceria

Desember 5, 2013

Dalam sekian bulan terakhir di tahun 2013, aksi tim nasional Indonesia seakan tiada putusnya menyita perhatian pencinta sepak bola di tanah air. Bulan September dan Oktober menjadi panggung utama bagi timnas U-19 yang menjuarai Piala AFF 2013 dan lolos ke Piala AFC 2014, dengan antara lain menaklukkan juara bertahan Korea Selatan dalam laga pamungkas nan dramatis. Bulan November merupakan giliran timnas senior dan timnas U-23 yang tampil mewakili nama Indonesia dalam pertandingan antarnegara.

528c5b999dcce

Timnas senior asuhan Jacksen F Tiago menjalani dua laga resmi dalam Kualifikasi Piala Asia 2015, yaitu bertandang ke Cina (15/11) dan menjamu Irak di Jakarta (19/11). Tim Merah-Putih sempat menang 4-0 atas Kirgistan dalam laga uji coba (1/11) sebelum melakoni laga resmi. Sayangnya, Boaz Solossa dkk kalah 0-1 dari Cina dan kalah 0-2 dari Irak. Hasil itu menutup peluang Indonesia ke putaran final Piala Asia 2015. Meskipun demikian, sebenarnya terlihat perkembangan positif selama timnas senior dibesut Jacksen. Ada sejumlah muka baru yang kini menjadi pemain andalan timnas, seperti : I Made Wirawan, Ruben Sanadi, Victor Igbonefo, Raphael Maitimo, dan Zulham Zamrun. Namun PSSI telah memutuskan tidak memperpanjang tugas pelatih asal Brasil tersebut. Jacksen kembali menangani Persipura belaka musim depan.

Tahun 2014 mendatang, timnas senior Indonesia akan kembali dilatih Alfred Riedl. PSSI memberi target kepada Alfred agar menjuarai Piala AFF 2014. Target itu cukup realistis mengingat Indonesia mampu tampil sebagai finalis Piala AFF 2010 ketika ditangani pelatih asal Austria tersebut.

Indonesia-U23

Timnas U-23 di bawah pelatih Rahmad Darmawan menjalani turnamen MNC Cup 2013. Hasil positif ditunjukkan Kurnia Meiga dkk yang dapat menjuarai turnamen mini yang menjadi ajang pemanasan menjelang SEA Games 2013 di Myanmar. Indonesia memborong tiga kali kemenangan atas Laos (21/11) 3-0, Papua Nugini (22/11) 6-0, dan Maladewa (24/11) 2-1. Menjadi kampiun MNC 2013 diharapkan menjadi modal tambahan bagi timnas U-23 dalam mewujudkan target utama tahun ini : medali emas SEA Games 2013. Lawan yang dihadapi dalam turnamen tersebut memang memiliki kelas di bawah Andik Vermansah dkk. Tapi setidaknya kepercayaan diri para pemain telah meningkat. Timnas U-23 terbukti produktif dengan 11 gol yang tercipta, sementara gawang Kurnia Meiga hanya sekali kebobolan.

20131125_indonesia-u-23-juara-mnc-cup-2013_7101

Di Myamnar bulan Desember nanti, Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja (9/12), Thailand (12/12), Timor Leste (14/12), dan tuan rumah Myanmar (16/12). Jika lolos dari penyisihan grup, tim besutan Rahmad Darmawan mesti dua kali lagi meraih kemenangan agar menjadi juara.

Carlo Ancelotti -pelatih Real Madrid musim 2013/14 yang pernah berjaya bersama AC Milan, Chelsea, dan PSG- suatu ketika pernah mengatakan bahwa keajaiban atau keberuntungan tak bisa dipisahkan dari kesuksesan sebuah klub (tim sepak bola) dalam meraih gelar juara. Tapi keberuntungan akan datang saat kita telah berjuang habis-habisan. Jadi, bekerja keras wajib dilakukan, setelah itu terserah keberuntungan akan berpihak atau tidak. Dalam bahasa orang yang percaya pada Tuhan, keajaiban atau keberuntungan tersebut mungkin bisa dianalogikan dengan izin Tuhan atau ridho Ilahi. Oleh karena itu kita turut berdoa, semoga timnas U-23 Indonesia berhasil menjuarai SEA Games dan menghadirkan Desember nan ceria pada pengujung tahun 2013.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: