h1

Timnas Bersatu untuk Sejarah Baru

Desember 18, 2013

Sebelum mengalahkan Myanmar 1-0 pada Senin (16/12), penampilan timnas U-23 Indonesia terbilang mengecewakan. Menang tipis 1-0 atas Kamboja (9/12), kalah telak 1-4 dari Thailand (12/12), dan hanya imbang 0-0 dengan Timor Leste (14/12). Anak-anak asuhan Rahmad Darmawan tidak bermain dalam performa terbaiknya dan mengesankan terdapat masalah di dalam tim. Kesan tersebut terjawab sesudah membaca laporan Bung Ario Josia di Harian BOLA Senin (16/12), bahwa ternyata ada ketidakkompakan di antara para pemain. Hal itu tentu sangat disayangkan.

timnas-u-23-indonesia-yang-berlaga-di-sea-games-2013-myanmar-_131213074857-575

Namun permainan Ramdani Lestaluhu dkk pada laga terakhir Grup B memperlihatkan perubahan positif. Para pemain bermain tanpa beban dan tampak bekerja sama lebih baik, meski akhirnya hanya satu gol penalti dari Alfin Tuasalamony yang tercipta. Syukurlah, Indonesia berhasil lolos ke babak empat besar.

Laga selanjutnya adalah semifinal melawan Malaysia pada Kamis (19/12). Kita berharap Tim Merah-Putih benar-benar sudah menyatu dan mampu melupakan segala sekat perbedaan. Ingatlah semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Timnas mesti bersatu padu agar dapat menundukkan Malaysia. Tak perlu terbebani kekalahan di final SEA Games 2011 dan ambisi balas dendam. Bermainlah sewajarnya dengan penuh semangat dan mengedepankan kekompakan tim. Manfaatkanlah segala peluang emas yang tercipta. Lebih baik berniatlah untuk mencatat sejarah baru di Myanmar demi mengharumkan nama bangsa pada akhir tahun 2013.

0926498seagames780x390

Sekadar usul bagi Bung Rahmad, tampaknya Ramdani Lestaluhu lebih layak menjadi kapten utama timnas hingga akhir turnamen. Ia mampu menjadi penghubung yang baik di antara perbedaan rekan-rekannya. Dan ketika Ramdani menjadi kapten Indonesia melawan Myanmar, timnas pun meraih hasil positif. Semoga dua kali kemenangan mampu diwujudkan dan medali emas sepak bola SEA Games 2013 bisa berada dalam genggaman. Doa kami senantiasa menyertai perjuangan Skuat Garuda Muda di Myanmar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: