h1

Persaingan Tiga Klub Spanyol

Januari 8, 2014

Biasanya, setiap kali kita membicarakan siapa yang akan menjadi juara Liga Spanyol, jawabannya hanya terpaku pada dua nama : Barcelona atau Real Madrid. Kedua klub tersebut memang pengoleksi trofi terbanyak di Negeri Matador. Barca pernah 22 kali menjadi kampiun La Liga Primera, sementara Madrid 32 kali. Dalam satu dekade terakhir (2003-2013), Azulgrana enam kali juara dan Los Blancos empat kali. Di Eropa, Madrid merupakan pemegang rekor juara Piala/Liga Champion terbanyak dengan sembilan trofi. Barca sendiri pernah empat kali meraihnya. Perjumpaan keduanya yang disebut dengan el clasico senantiasa menarik perhatian pencinta sepak bola seluruh dunia dari masa ke masa.

Barcelona-vs-Atletico-Madrid-2-640x507

Namun kompetisi La Liga musim 2013/14, yang telah nyaris berjalan separuh jalan pada akhir tahun 2013, menyajikan sesuatu yang berbeda. Atletico Madrid hadir mengusik perseteruan abadi Barcelona dan Real Madrid. Pada klasemen sementara La Liga pekan ke-17, Atletico menempel ketat Barcelona dengan mengumpulkan poin identik. Barca dan Atletico sama-sama mengumpulkan 46 poin dari hasil pertandingan 15 kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Tim asuhan Gerardo Martino hanya unggul selisih gol (49-12) ketimbang tim besutan Diego Simeone (46-10) yang membuat Xavi Hernandez dkk memimpin klasemen pada pengujung 2013. Madrid yang dilatih Carlo Ancelotti mesti puas berada di peringkat tiga dengan poin 41, tertinggal empat angka dari Barca dan Atletico. Athletic Bilbao yang berada di bawah Madrid memiliki poin 33, sehingga tidak masuk hitungan untuk bersaing dengan penghuni tiga besar. Persaingan Barcelona, Atletico, dan Madrid tampaknya akan berjalan ketat hingga akhir musim. Siapa yang akan menjadi penguasa Liga Spanyol musim ini masih menjadi teka-teki saat ini.

Dalam urusan mencetak gol, Diego Costa (Atletico) dan Cristiano Ronaldo (Madrid) bersaing ketat pula untuk menjadi pencetak gol terbanyak. Sayangnya, Lionel Messi (Barcelona) mesti absen beberapa bulan lantaran cedera. Selain mereka bertiga, masih ada Gareth Bale, Karim Benzema (Madrid), Neymar, Pedro Rodriguez (Barcelona), dan David Villa (Atletico) yang terus menambah koleksi gol untuk klubnya pula.

Atletico Madrid pernah sembilan kali juara La Liga, terakhir diraih pada musim 1995/96. Mereka akan mengoleksi gelar kesepuluh jika menjadi juara musim ini. Tim berkostum merah putih biru tersebut pun menyandang gelar juara Liga Europa (2009/10 dan 2011/12), Piala Super Eropa (2010 dan 2012), dan Copa del Rey 2012/13.

Real-Madrid-Fiche-hd-wallpapers

Persaingan ketiga klub terbaik Spanyol terjadi pula di kancah Eropa. Barca, Atletico, dan Madrid menjadi juara grup masing-masing untuk lolos ke perempat final Liga Champion 2013/14. Barcelona bakal bertemu Arsenal, Atletico menghadapi AC Milan, sementara Madrid berjumpa dengan Schalke 04. Kecuali Barca yang peluangnya sama kuat dengan Arsenal, Atletico dan Madrid sekilas lebih berpeluang menyingkirkan lawan masing-masing. Namun mesti diwaspadai pula bahwa Milan -yang sedang terpuruk di Serie A- memiliki tradisi bagus di Eropa. Sementara itu, Madrid memiliki sejarah kurang menyenangkan dengan klub Jerman. Dalam dua musim terakhir, Los Blancos ditundukkan dua klub Jerman di semifinal : Bayern Muenchen (2011/12) dan Borussia Dortmund (2012/13). Jadi, mari kita simak pula bakal sejauh mana kiprah trio wakil Spanyol di Eropa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: