h1

Sisi Manusiawi Cristiano Ronaldo

Februari 7, 2014

Cristiano Ronaldo adalah pemain sepak bola terbaik dunia saat ini dengan FIFA Ballon d’Or 2013 yang disandangnya sejak 13 Januari 2014. Kendati drama kontroversi mengiringi kemenangannya, namun bagaimanapun CR7 telah resmi menjadi yang terpilih. Cristiano terharu ketika memberi kata sambutan seusai menerima penghargaan di Zurich. Hal itu menunjukkan sisi manusiawi sang kapten Portugal. Kendati kerap dikesankan sebagai sosok arogan, bintang Real Madrid itu mampu mengeluarkan sisi kelembutannya di depan publik.

Cristiano-Ronaldo-Crying-Ballon-dOr

Namun pada saat Madrid ditahan imbang Athletic Bilbao 1-1 pada pekan ke-22 La Liga (2/2), CR7 menunjukkan sisi kemanusiaannya yang lain. Pada menit ke-75 Ronaldo diusir wasit karena bereaksi berlebihan terhadap seorang pemain tim lawan, yang efeknya memancing amarah para pemain Bilbao lainnya. Keharusan memenangkan Madrid, setelah Barcelona kalah dan Atletico memuncaki klasemen, membuat CR7 berada dalam tekanan dan tak mampu mengendalikan amarahnya yang berbuah kartu merah. Hal itu menunjukkan bahwa seorang pemain hebat bernama Cristiano Ronaldo tetaplah manusia biasa. Adakalanya ia bersikap lembut, tapi bisa pula berbuat kasar pada masa berbeda. Dengan segenap kelebihannya, ia tetap memiliki kekurangan selayaknya manusia lainnya.

real-madrid-vs-athletic-bilbao-01

Namun mengingat peranannya yang sangat signifikan dalam tim, baik Madrid maupun Portugal, Ronaldo mestinya bisa lebih dewasa dan lihai mengontrol emosinya. Ketidakhadirannya jelas menjadi kerugian tersendiri bagi tim yang diperkuatnya. Apalagi ia pun merupakan figur publik yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Semoga CR7 mampu memetik pelajaran berharga dari hal buruk yang telah dilakukannya. Real Madrid dan Portugal masih berpeluang menggapai prestasi bersama pemain terbaik dunia yang dimilikinya.

* Opini ini dimuat di Mingguan BOLA Edisi 2.548/2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: