h1

Inspirasi Nomor 8 Juan Mata

April 3, 2014

Juan Manuel Mata Garcia atau Juan Mata ternyata memilih kostum nomor 8 (delapan) ketika bergabung dengan Manchester United. Pemain yang hijrah dari Chelsea pada paruh musim 2013/14 tersebut semula diprediksi akan menjadi pemain nomor 7 (tujuh) United berikutnya. Setelah sempat dikenakan Antonio Valencia pada musim 2012/13, nomor tersebut dibiarkan tanpa pemilik musim ini. Tiada pemain yang bersedia memakainya. Valencia kembali menggunakan nomor 25 dalam kostum merah United.

mata-number8-mu

Namun tidak seperti dugaan orang, Mata justru tidak bersedia menjadi pemilik baru nomor 7. Pemain Spanyol tersebut rupanya enggan terbebani oleh catatan sejarah kesuksesan para pemain bernomor 7 sebelumnya, seperti : Bryan Robson, Eric Cantona, David Beckham, dan Cristiano Ronaldo. Mereka semua pernah merasakan sejumlah trofi juara bersama MU di bawah Sir Alex Ferguson. Sesudah Ronaldo pergi dari Old Trafford, nomor 7 sempat dipakai oleh Michael Owen yang sudah meredup kebintangannya. Meski tidak bermain cemerlang, Owen masih merasakan gelar juara Liga Premier bersama Patrice Evra dkk.

Ketika Mata datang, pemilik nomor 8 United sebelumnya, Anderson, telah pindah ke Fiorentina di Liga Italia, sehingga mantan gelandang Valencia itu memiliki alternatif pilihan.
Mata barangkali terkesan pada para pemain bernomor 8 yang menjadi legenda hidup di timnya. Ada Frank Lampard yang pernah menjadi rekan setimnya di Chelsea selama 2,5 musim (2011-2014). Ada pula dua seniornya, Andres Iniesta (Barcelona) dan Xavi Hernandez (Spanyol). Salah satu gelandang terbaik Inggris, Steven Gerrrard (Liverpool), juga menggunakan nomor 8. Apa yang telah ditunjukkan Lampard, Iniesta, Xavi dan Gerrard bersama tim masing-masing adalah pencapaian gemilang yang layak diikuti. Merekalah inspirasi Mata sebagai pemain nomor 8 Red Devils yang diharapkan membawa dampak positif terhadap tim barunya. Apalagi tim asuhan David Moyes sedang mengalami musim yang buruk.

Lampard+Mata FC Bayern+Muenchen+WvXqAoYsWXfl

Lambat laun posisi United mulai membaik di Premier League dan Mata akhirnya berhasil mencetak gol pertamanya saat timnya mengalahkan Aston Villa pada Sabtu (29/3). Sayangnya, pemain kelahiran 28 April 1988 tersebut tidak bisa memperkuat United di Liga Champion karena sempat bermain untuk The Blues musim ini.

Mata sendiri merupakan pemain dengan segudang prestasi. Bersama Chelsea, ia pernah meraih trofi Liga Champion 2011/12 dan Liga Europa 2012/13. Ia pun terpilih sebagai pemain terbaik The Blues dalam dua musim terakhir, sebelum Jose Mourinho datang dan menepikannya. Bersama timnas Spanyol, Mata ikut menjadi bagian skuat juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

* Opini ini dimuat di Mingguan BOLA Edisi 2.556/2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: