h1

Fenomena Atletico Madrid

April 23, 2014

Di antara keempat semifinalis Liga Champion Eropa 2013/14, Atletico Madrid menjadi fenomena tersendiri. Ada sejumlah hal yang membedakannya dengan ketiga tim lainnya. Los Colchoneros adalah satu-satunya klub yang belum pernah menjuarai Liga Champion. Chelsea yang menjadi lawan tim besutan Diego Simeone di empat besar pernah sekali menjadi kampiun dua musim silam. Real Madrid telah mengoleksi sembilan trofi Eropa dan sedang berambisi mewujudkan juara ke-10 kalinya alias la decima. Sementara Bayern Muenchen merupakan juara bertahan dan total mengoleksi lima trofi Liga Champion.

atletico madrid squad

Dibandingkan pelatih lainnya, Diego Simeone menjadi satu-satunya yang belum pernah membawa timnya berjaya di Liga Champion. Jose Mourinho (Chelsea) pernah dua kali merasakannya bersama FC Porto (2004) dan Inter Milan (2010). Carlo Ancelotti (Madrid) dan Pep Guardiola (Bayern) juga pernah dua kali membawa timnya menguasai Eropa. Don Carletto mewujudkannya bersama AC Milan (2003 dan 2007), sedangkan Pep bersama Barcelona (2009 dan 2011). Jadi jika Simeone tengah memburu trofi pertamanya, maka ketiga manajer lainnya justru berusaha mencatatkan hattrick di Liga Champion. Tapi Simeone sendiri sebelumnya pernah pula membawa Atletico menjadi juara Liga Europa, Piala Super Eropa, dan Copa del Rey. Andaikata Atletico Madrid juara Liga Champion Mei nanti, maka akan menjadi gelar perdana bagi klub maupun sang pelatih.

Satu hal yang membedakan Atletico dengan ketiga tim lainnya adalah sponsor apparel-nya. Los Colchoneros menjadi satu-satunya yang mengenakan kostum Nike, sementara The Blues, Los Blancos, dan Die Roten menggunakan kostum Adidas.

* Opini ini dimuat di Mingguan BOLA Edisi 2.558/2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: