h1

Moyes, Everton, dan Angka 11

April 24, 2014

Menjelang ulang tahunnya ke-51 pada 25 April 2014, David Moyes justru mendapat kado terpahit. Pria Skotlandia itu dicopot jabatannya sebagai manajer Manchester United setelah 10 bulan berkiprah di Old Trafford. Padahal ia dikontrak selama enam tahun sejak Juli 2013 untuk menggantikan Sir Alex Ferguson yang pensiun setelah 26 tahun berjaya bersama Red Devils.

Tapi memang terlalu banyak catatan buruk yang sudah diukir Moyes bagi juara EPL musim 2012/13 tersebut. United sudah dipastikan tidak mendapat trofi apa pun, gagal masuk empat besar Liga Premier musim ini, dan absen dari Liga Champion musim depan. Terakhir kali Setan Merah tidak lolos ke Liga Champion terjadi 18 musim lalu. Kejutan tak menyenangkan telah berkali-kali dihadirkan MU di bawah Moyes sepanjang 10 bulan terakhir.

moyes giggs 11

Uniknya, riwayat singkat David Moyes bersama United ternyata tak bisa dilepaskan dari Everton dan angka 11 (sebelas). Sir Alex merekomendasikan rekan senegaranya untuk menangani Wayne Rooney dkk sesudah Moyes melatih Everton selama 11 tahun (2002-2013). Kemudian Moyes pun dipecat sehabis United takluk 0-2 dari Everton pada Minggu (20/4), yang merupakan kekalahan ke-11 di Liga Inggris musim ini. Dan kebetulan sekali, Ryan Giggs yang ditunjuk sebagai pelatih sementara pengganti Moyes merupakan pemain bintang Setan Merah yang kondang menggunakan kostum nomor 11.

Lebih dari seperempat abad lalu Fergie masih mendapat kesempatan menangani United, meski gagal memenangkan trofi apa pun dalam sekian musim. Hasilnya, Red Devils mengalami era kejayaannya di bawah pria Skotlandia tersebut. Namun masa-masa ketika kesabaran menjalani proses masih dihargai sepertinya sudah tidak relevan saat ini. Maka meski satu musim belum tuntas, Moyes mesti angkat kaki dan tak lagi punya waktu memperbaiki diri di Old Trafford.

* Opini ini dimuat di Mingguan BOLA Edisi 2.560/2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: