h1

Belanda : Biru atau Oranye Sama Saja

Juli 5, 2014

Belanda telah empat kali bermain di Piala Dunia 2014. Dua kali menggunakan kostum biru dan dua kali berseragam oranye, hasilnya tim asuhan Louis van Gaal selalu menang. Arjen Robben dkk mengalahkan Spanyol (5-1) dan Australia (3-2) dengan serba-biru, lalu mengalahkan Cili (2-0) dan Meksiko (2-1) di babak 16 besar dengan serba-oranye. Ternyata tampil dengan dua warna seragam yang berbeda tidak mengubah nasib Belanda selama bertanding di Brasil. Hanya saja tim inti Belanda dengan pemain bernomur urut satu (1) hingga 11 hanya dua kali diturunkan saat berkostum biru. Pada laga-laga selanjutnya Van Gaal memainkan starting eleven yang tak pernah sama lagi.

robben+robin vp

Dua gol Belanda ke gawang Meksiko diciptakan oleh Wesley Sneijder dan Klaas-Jan Huntelaar. Koleksi gol Sneijder di Piala Dunia kini menyamai rekor Arjen Robben dengan jumlah total enam gol. Huntelaar baru diturunkan untuk menggantikan Robin van Persie dan langsung dipercaya mengambil tendangan penalti yang memenangkan timnya.

Ketika laga Belanda versus Meksiko dimainkan, untuk pertama kalinya dilakukan ”cooling break” atau jeda pendinginan. Masing-masing sekali dalam 2×45 menit, para pemain kedua tim diberi kesempatan untuk beristirahat minum sekitar tiga menit. Pelatih pun bisa memanfaatkan waktu untuk mengarahkan para pemainnya lebih seksama, bahkan kadang untuk mengganti strategi permainan, seperti yang dilakukan Van Gaal dan berujung kemenangan.

belanda oranye

Selanjutnya Belanda akan ditantang Kosta Rika, tim paling mengejutkan sepanjang turnamen. Laga perempat final kedua tim berlangsung Sabtu malam (5/7) di Salvador. Kosta Rika berhasil membuat Italia dan Inggris pulang cepat, sementara Uruguay mesti puas menjadi runner-up Grup D. Bryan Ruiz dkk kemudian menyingkirkan Yunani di perdelapan final lewat adu penalti. Di atas kertas, De Oranje berpeluang mengakhiri kiprah Los Ticos di Piala Dunia. Tapi siapa tahu, tim besutan Jose Luis Pinto masih akan memperpanjang dongeng indahnya yang bagaikan Cinderella di Negeri Samba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: