h1

Jerman Jadi Juara Piala Dunia 2014

Juli 16, 2014

jerman juara pd 2014

Perhelatan sepak bola paling bergengsi dan terakbar pada tahun ini telah berakhir pada Minggu malam (13/7) waktu Brasil atau Senin pagi (14/7) WIB. Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 sesudah menundukkan Argentina 1-0 dalam partai puncak yang berlangsung di Maracana Brasil. Mario Goetze mencetak gol tunggal Die Mannschaft pada menit ke-113. Gelandang Bayern Muenchen tersebut turun menggantikan Miroslav Klose pada menit ke-88 dan ternyata menjadi penentu kemenangan timnya.

goetze+mueller-jerman-vs-argentina-1-0-67de

Jerman kini mengukir rekor baru : empat kali juara dunia sepak bola, sama dengan Italia. Satu bintang resmi menambah tiga bintang yang sudah sejak 1990 menghiasi kostum Tim Panser. Perlu masa 24 tahun untuk kembali menjadi kampiun. Jerman berhasil mematahkan mitos bahwa tim Eropa tak bisa berjaya di tanah Amerika. Tim dari benua biru ternyata mampu juara tak hanya di Eropa, namun juga di Afrika (2010) dan Amerika (2014).

Der Panzer telah menunjukkan konsistensinya sebagai tim spesialis turnamen nan sejati. Sejak 2002 hingga 2014 saja, Jerman dua kali menjadi finalis dan dua kali kandas di semifinal. Di ajang Piala Eropa, Jerman pun menjadi finalis Euro 2008 dan semifinalis Euro 2012. Kesabaran DFB (federasi sepak bola Jerman) dan pelatih Joachim Loew kini terbukti berbuah manis. Generasi emas yang dibangun dengan sabar melalui proses pembinaan pemain usia dini yang intensif dan komprehensif sudah menunjukkan kelasnya, berhasil menguasai dunia. Kemenangan 4-0 atas Portugal pada laga perdana dan mengalahkan Brasil 7-1 di semifinal laksana pertanda bahwa Jerman memang layak menjadi juara di Negeri Samba.

hummels juara

Sejumlah pemain Jerman pun mengukir prestasi individu. Manuel Neuer ditahbiskan sebagai kiper terbaik turnamen. Miroslav Klose sudah menjadi pencetak gol terbanyak (16) dalam sejarah Piala Dunia. Sejumlah pemain Bayern Muenchen (Neuer, Lahm, Boateng, Schweinsteiger, Kroos, dan Mueller), dan seorang pemain Real Madrid (Sami Khedira) kini pernah merasakan meraih trofi Liga Champion dan Piala Dunia dalam kariernya. Khedira menjadi satu-satunya pemain yang menjuarai Liga Champion dan Piala Dunia pada tahun 2014, meski ia absen saat final karena cedera menjelang laga dimulai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: