h1

Catatan Menarik Tim Belanda di Brasil

Juli 18, 2014

Belanda memang belum pernah meraih gelar Piala Dunia sekali pun. Tiga kali lolos ke partai puncak (1974, 1978, dan 2010), De Oranje selalu gagal berjaya. Pada Piala Dunia 2014, Belanda masih bisa lolos ke semifinal, tapi sayangnya takluk dari Argentina lewat adu penalti. Peringkat ketiga akhirnya menjadi hadiah hiburan bagi Arjen Robben dkk.

kuyt robben news_17_1405225123

Ada sejumlah catatan menarik ditorehkan oleh tim besutan Louis van Gaal selama mengikuti turnamen di Brasil. Tim Oranye mengawali dan mengakhiri kiprahnya dengan hasil kemenangan telak atas tim yang pernah menjadi juara dunia. Belanda mengalahkan sang juara bertahan Spanyol 5-1 pada laga pertama Grup B. Sementara pada pertandingan terakhir, Belanda menang 3-0 atas Brasil, juara dunia lima kali sekaligus tuan rumah.

Uniknya, tim yang dikapteni Robin van Persie itu mengenakan kostum berwarna biru ketika membuka dan menutup kiprahnya di Piala Dunia 2014. Dalam tujuh kali penampilannya di Brasil, Belanda tiga kali berkostum biru dan empat kali berkostum oranye. Anak asuh Van Gaal tidak pernah kalah dalam semua pertandingan selama waktu normal (90 menit). Lima kali mereka menang dalam 2×45 menit, sekali menang adu penalti, dan sekali kalah adu penalti.

Belanda-Piala-Dunia-2014-di-ANTV-TV-One-MivoTV-amp-UseeTV

Belanda memiliki produktivitas cukup tinggi dengan membuat 15 gol, sementara hanya 4 gol bersarang di gawang Jasper Cillessen. Robin van Persie, striker Manchester United, menjadi pemain terproduktif De Oranje dengan mencetak empat gol. Para pencetak gol lainnya adalah Arjen Robben (3), Memphis Depay (2), Stefan de Vrij, Leroy Fer, Wesley Sneijder, Klaas-Jan Huntelaar, Daley Blind, dan Giorgino Wijnaldum (1).

Tercatat sembilan pemain Tim Oranye yang mampu membuat gol, lebih banyak ketimbang Jerman yang memiliki delapan pencetak gol. Tim Krul menjadi satu-satunya kiper yang khusus diturunkan menjelang adu penalti pada babak 16 besar. Hasilnya, kiper Newcastle United itu menggagalkan dua tendangan penalti dan membawa Belanda menang atas Kosta Rika.

daley blind brasil-vs-belanda

Belanda adalah satu-satunya tim di Brasil yang pernah menurunkan starting XI nomor 1 hingga 11 sebanyak dua kali. Selain itu, hanya De Oranje yang memainkan 23 pemainnya dalam tujuh kali pertandingan. Kiper Michael Vorm menjadi pemain terakhir yang dimainkan Van Gaal menjelang usainya laga Belanda versus Brasil.

* Opini ini dimuat di Harian BOLA Jumat, 18 Juli 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: