h1

Kompleksitas Bulan Juli 2014

Agustus 11, 2014

Catatan ini idealnya ditampilkan tidak lama setelah Juli usai. Dan saya sebenarnya memang sudah menuliskannya di atas kertas pada saat itu, tapi untuk sekadar menyalinnya di blog ternyata perlu sebelas hari berlalu di bulan Agustus.
___________

Bulan ketujuh tahun 2014 merupakan bulan yang begitu kompleks, baik yang terjadi di Indonesia maupun di dunia. Terdapat 27 hari Ramadan, Idul Fitri, dan empat hari Syawal 1435 H. Lebaran senantiasa menjadi tradisi tahunan yang menyenangkan bagi mayoritas rakyat Indonesia. Liburan selama sepekan menjadi saat berkumpul dengan keluarga, saling silaturahmi, dan berjumpa dengan teman-teman lama.

lebaran moekasim's fam_n

Ada pemilihan presiden-wakil presiden RI (9/7) dan pengumuman hasilnya (Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai pemenang), yang ternyata masih menyisakan masalah karena sikap tidak kesatria capres yang kalah. Dia menolak disebut sebagai negarawan dan orang paling ikhlas.

Terjadi pula final Piala Dunia 2014 di Brasil yang dimenangkan Jerman, yang diwarnai hasil tragis tim tuan rumah, juga kejutan dari Kosta Rika dan Kolombia.

Kisah sedih datang dari Palestina yang terus-menerus diserang Israel, jatuhnya pesawat Malaysia Air yang ditembak rudal di Ukraina (belasan orang Indonesia menjadi korbannya), dan kecelakaan pesawat lainnya di Taiwan. Gerakan kekerasan yang dilakukan ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) mengundang keprihatinan pula karena tidak sesuai dengan konsep Islam sejati yang rahmatan lil’alamin (rahmat bagi alam semesta) dan cinta damai.

Namun hidup ini memang selalu ada soal lama pergi dan soal baru datang. Pesan dari surga mesti jadi pedoman : setelah ada kesulitan, selalu ada kemudahan. Dan jangan berputus asa dari rahmat Allah.

Kisah-Blusukan-Jokowi-di-Jogja

Syukurlah, pemilu presiden berlangsung aman dan damai. Kreativitas pendukung Jokowi-JK menjadi fenomena tersendiri, di antaranya berwujud video-video yang bertebaran di Youtube atau serial sampul komik ‘kisah blusukan Jokowi’ karya Hari Prast dan Yoga Adhitrisna. Termasuk juga terselenggaranya Konser Salam 2 Jari di SUGBK pada Sabtu (5/7) yang dihadiri ribuan orang dari berbagai kalangan. Masih banyak lagi contoh partisipasi positif dari masyarakat dalam menunjukkan dukungannya kepada capres pilihannya.

Mesti disyukuri jua, Tuhan meridhoi mereka yang berniat baik, memiliki rekam jejak yang baik, melakukan cara-cara yang baik, dan demi tujuan yang baik menjadi pemenang. Mereka yang licik, tak jujur, bersenjatakan fitnah, kecurangan, dan kebohongan, suatu ketika akan mendapatkan buah dari bibit yang mereka tanam sendiri. Tuhan Maha Adil, meski Dia pun Maha Pengampun.

konser salam 2 jari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: