h1

Pemain Veteran EPL Hijrah ke Serie A

September 25, 2014

Satu hal yang menarik pada musim 2014/15 adalah hijrahnya sejumlah pemain senior Liga Premier Inggris ke Liga Italia Serie A. Dua mantan bek berpengalaman Manchester United melanjutkan kariernya di Negeri Pizza, yaitu Nemanja Vidic (Inter Milan) dan Patrice Evra (Juventus). Dua mantan punggawa Chelsea pun menyusul mereka, yaitu Ashley Cole (AS Roma) dan Fernando Torres (AC Milan). Vidic, Evra, Cole, dan Torres telah berusia 30 tahun ke atas saat ini. Keempat pemain tersebut sudah banyak makan asam garam selama bermain di EPL. Gelar juara Liga Inggris maupun Liga Champion Eropa pernah mereka raih bersama klub masing-masing di masa lalu. Torres bahkan meraih Piala Eropa (2006 dan 2012) maupun Piala Dunia (2010) bersama Spanyol ketika tercatat sebagai pemain Liverpool dan Chelsea.

fernando tores acmilan

Maka faktor pengalaman dan mental juara tampaknya menjadi modal utama mereka saat bermain di liga yang relatif tidak diakrabi oleh mantan pemain Liga Inggris itu. Namun tidak bisa diabaikan bahwa Serie A sangat memberi kesempatan besar kepara pemain tua untuk unjuk gigi. Gianluigi Buffon (Juventus), Andrea Pirlo (Juventus), Francesco Totti (AS Roma), Antonio Di Natale (Udinese), Luca Toni (Hellas Verona), dan Miroslav Klose (Lazio) bisa disebut sebagai contoh nyata. Pemain seumuran mereka di Liga Inggris atau liga lainnya mungkin sudah pensiun atau tinggal menghangatkan bangku cadangan. Tapi di Serie A mereka masih menjadi bintang andalan timnya.

nemanja vidic_inter

Vidic dan Cole sudah menjadi pilihan utama di awal musim Serie A, sementara Evra dan Torres tampaknya masih harus berjuang menjadi pemain inti di timnya.

Selain para pemain veteran tersebut, sebenarnya ada pula para pemain yang relatif muda yang juga pindah ke Italia dari Inggris, yaitu Marco van Ginkel (Chelsea ke AC Milan) dan Micah Richards (Manchester City ke Fiorentina). Entah apakah mereka semua bisa tampil lebih baik atau justru nasibnya memburuk bersama klub baru di liga yang berbeda pula.

* Opini ini dimuat di Mingguan BOLA Edisi 2.581/2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: