h1

Pertukaran Bintang Liga Spanyol dan Inggris

November 10, 2014

Yang kerap terjadi sebelumnya adalah hijrahnya bintang-bintang Liga Inggris ke Liga Spanyol. Para pemain Manchester United seperti David Beckham, Ruud van Nistelrooy, hingga Cristiano Ronaldo melanjutkan kariernya di Real Madrid. Marc Overmars, Emmanuel Petit, sampai Thierry Henry yang semula bermain di Arsenal kemudian pindah ke Barcelona. Luca Modric dan Gareth Bale (Tottenham Hotspur) menjajal tantangan baru bersama Madrid. Bahkan Ronaldo dan Bale sempat mencatat rekor sebagai pemain termahal di dunia ketika bergabung dengan Los Galacticos. Ada pula pemain Spanyol yang pulang kampung setelah sempat memperkuat klub Inggris, yaitu Gerard Pique (MU) dan Ces Fabregas (Arsenal). Keduanya lalu menjadi andalan Barcelona. Pada musim 2014/15 hanya terdapat nama Luis Suarez (Liverpool) dan Thomas Vermaelen (Arsenal) yang berganti kostum Blaugrana serta Javier ”Chicharito” Hernandez yang dipinjam Los Blancos dari Red Devils.

javier-hernandez-doblete-real-madrid-vs-deportivo

Menjelang berputarnya musim ini, begitu banyak pemain Primera Division La Liga yang menyeberang ke klub-klub English Premier League. Chelsea yang begitu perkasa dan memimpin klasemen pada awal musim diperkuat oleh Thibaut Courtois, Filipe Luis, dan Diego Costa (Atletico Madrid) plus Cesc Fabregas (Barcelona). Duet Costa-Fabregas sempat memimpin daftar pencetak gol dan pembuat assist. The Blues layak menjadi kandidat terkuat juara Liga Primer musim 2014/15 di bawah Jose Mourinho yang pernah melatih Real Madrid. Manchester United kini diperkuat oleh Ander Herrera (Athletic Bilbao) dan Angel di Maria (Real Madrid). Liverpool pun mendatangkan Javier Manquillo (Atletico Madrid) dan Alberto Moreno (Sevilla). Selain itu masih ada Alexis Sanchez (Barcelona ke Arsenal) maupun Willy Caballero (Malaga ke Manchester City).

Diego_Costa n Fabregas_of_Chelsea_ri

Sejauh ini sejumlah pemain jebolan Liga Spanyol memang mampu meraih kejayaan di Liga Inggris. Sejak masanya Alvaro Arbeloa, Xabi Alonso, dan Fernando Torres hingga David de Gea, Juan Mata, dan David Silva. Keberhasilan City meraih gelar juara EPL 2013/14 banyak ditentukan oleh alumni La Liga. Tidak hanya para pemainnya seperti Silva, Javi Garcia, Jesus Navas, dan Martin Demichelis, tapi pelatih Manuel Pellegrini pun sudah banyak makan asam garam di klub-klub Spanyol (Villareal, Real Madrid, dan Malaga).

Angel di Maria dkk yang baru musim ini mencicipi kompetisi di negeri Ratu Elizabeth tentunya berhasrat besar mengikuti jejak mereka yang prestasinya kian gemilang setelah meninggalkan negeri Raja Carlos.

* Opini ini dimuat di rubrik ‘Interaktif’ BolaVaganza No.157 – November 2014.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: